Peringati Hari Sumpah Pemuda, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Gelorakan Semangat Gotong Royong Lintas Generasi

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Gelorakan Semangat Gotong Royong Lintas Generasi

Kanwil Kemenkumham Sumsel melaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023, Sabtu 28 oktober 2023.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotism sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928 yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan.

Atas dasar tersebut, Kanwil Kemenkumham Sumsel melaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023, Sabtu 28 oktober 2023.

Upacara yang mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia” ini dilaksanakan di Lapangan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas I Palembang yang diikuti oleh jajaran pegawai di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel yang serentak mengenakan pakaian KORPRI.

Hadir pula perwakilan pegawai dari LPKA Kelas I Palembang, Bapas Kelas I Palembang, Rutan Kelas I Palembang, Lapas Kelas I Palembang, Rupbasan Kelas I Palembang dan Lapas Narkotika Kelas IIB Banyuasin.

BACA JUGA:Gak Bahaya Tah? Dukungan 'Tepi Jurang' Suporter Megawati Hangestri: yang Berkerudung Bukan yang Berkonde

Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Dr Ilham Djaya bertindak sebagai Inspektur Upacara membacakan Sambutan dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Ario Bimo Nandito Ariotedjo, bahwa logo pada upacara kali ini bermakna sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotism sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928 yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan.

“Posisi Indonesia memang sedang berproses menyelesaikan persoalan korupsi, kemiskinan, pengangguran, narkoba,  pornografi, hoax, ujaran  kebencian serta sejumlah problem bangsa lainnya. Tetapi semua itu bukan menjadi alasan bagi para pemuda untuk berhenti melaju menuju Indonesia maju dan menciptakan Masyarakat adil dan makmur,” ujar Ilham Djaya.

Mengenai percepatan dan perubahan yang membuat kewalahan, Ilham Djaya menekankan betapa pentingnya penguasaan oleh pemuda terhadap Teknologi dan Informasi serta Literasi Digital menjadi sesuatu yang harus diseriusi.

BACA JUGA:LUAR BIASA! Indeks Literasi Meningkat, Kabupaten Muara Enim Raih Penghargaan

“Setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat. Strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas sektor. Hal ini sesuai dengan amanah UU no. 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan dan juga sesuai dengan Perpres No. 43 Tahun 2022,” gelora Ilham Djaya pada Hari Sumpah Pemuda.

Terakhir, Ilham mengajak kepada para peserta upacara yang hadir untuk menjadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: