Cukup Air Rebusan Tanaman Merambat Ini, Cabai Tak Akan Rontok, Batang Subur Buah Lebat

Cukup Air Rebusan Tanaman Merambat Ini, Cabai Tak Akan Rontok, Batang Subur Buah Lebat

Cara menjaga buah cabai agar tidak rontok dengan pestisida alami.--

SUMEKS.CO - Cabai menjadi kebutuhan rumah yang nyaris tidak tergantikan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Sehingga kebutuhan akan Cabai begitu tinggi. 

Berkebun cabai pun menjadi salah satu usaha sangat menjanjikan. Namun, berkebun cabai membutuhkan biaya yang besar. Cabai membutuhkan perawatan yang ekstra. 

Berbagai penyakit pun menjadi salah satu hambatan dalam perkebunan cabai, seperti buah cabai rontok sebelum masa panen tiba. 

Penyakit ini sudah umum dialami petani cabai. Meski dapat diatasi, dibutuhkan biaya yang mahal untuk membeli pestisida. 

BACA JUGA:Cukup 3 Bahan Utama Sambal Ini, Kutu Perusak Tanaman Hias Tunggang Langgang

Nah, ada cara untuk menekan biaya pembelian pestisida agar cabai terhidar dari buah yang rontok. Hanya dengan air rebusan antawali, buah cabai tidak akan rontok lagi. 

Caranya pun cukup gampang. Kamu cukup mengambil sepotong antawali dengan panjang sekitar 15 centimeter. Kemudian diiris-iris kecil. 

Siapkan air setengah liter, lalu rebusan bersama antawali tadi. Setelah direbus sekitar 30 menit, dinginkan. Selanjutnya tinggal siramkan air rebusan ke pangkal batang cabai. 

Lihatlah bagaimana air rebusan itu bereaksi terhadap penyakit cabai buah rontok. 

BACA JUGA:Rekomendasi 4 Tanaman Hias yang Bisa Mengusir Nyamuk Bandel di Rumah

Disisi lain, petani cabai juta mengeluarkan biaya besar untuk membeli pupuk. Bila tidak, buah yang dihasilkan tidak maksimal. 

Namun bahan dapur bisa dijadikan sebagai pupuk alami. Dalam hal ini, garam merupakan bahan dapur yang dipakai sebagai pupuk tanaman cabai

Bahan dapur satu ini dipercaya dapat merangsang pertumbuhan buah pada tanaman cabai. 

Oleh sebab itu, banyak orang menggunakan bahan satu ini dibandingkan dengan harus membeli pupuk kimia dengan harga tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: