Fantastis, Elon Musk Berani Beri Wikipedia Rp16 Triliun Jika Lakukan Hal Ini

Fantastis, Elon Musk Berani Beri Wikipedia Rp16 Triliun Jika Lakukan Hal Ini

Elon Musk--dok : sumeks.co

SUMEKS.COElon Musk lagi-lagi membuat statement yang mengundang reaksi heboh warganet setelah mengatakan akan memberikan uang senilai US$ 1 miliar atau sekitar Rp15,9 triliun kepada Wikipedia.

Uang sebesar itu akan diberikannya kepada enskilopedia online berbasis pengguna user-generated atau Wikipedia namun dengan satu syarat.

Tawaran tersebut jelas tidak gratis melainkan Wikipedia harus mengganti nama menjadi vulgar yakni D*ckipedia, hal ini seolah ingin membuat nasib Wikipedia tidak jauh berbeda dengan Twitter yang kini berganti nama menjadi X.

“Saya akan memberi mereka 1 miliar dollar Amerika jika mau mengganti nama menjadi D*ckpedia,” tulis Elon Musk di akun X alias Twitter pribadinya.

BACA JUGA:HEBOH, Becak Jalan Sendiri di Singaparna, Bisa Auto Pilot Teknologi Mobil Tesla Elon Musk Dibuat Ketar Ketir

Tak berselang lama bahkan cuitannya itu dikomentari langsung oleh seorang Jurnalis bernama Ed Krassenstein yang juga ikut menyarankan pihak Wikipedia untuk menyetujui tawaran tersebut.

Kemudian setelah menerima uang dari Musk, bisa saja Wikipedia kembali seperti semula.

Namun tak mau terkecoh kemudian Elon menambahkan syarat lain untuk tawaran yang diberikannya kepada Wikipedia yakni setelah menerima uang perubahan nama setidaknya berlangsung satu tahun.

Pemilik aplikasi Twitter alias X, Tesla dan SpaceX sekaligus seorang miliarder ini mau memberikan uang kepada Wikipedia tidak lepas dari sindirannya beberapa waktu lalu karena lembaga yang mengoperasikan situs tersebut yakni Wikimedia Foundation meminta terlalu banyak uang.

BACA JUGA:Pertama di Sumatera, Layanan Internet Vsat Star Produk Elon Musk Hadir di Muba

Ayah dari 10 orang anak itu mengkririk soal donasi pengguna yang mana pernah dibalas oleh Community Notes dari Wikipedia dimana pada saat itu Wikipedia megumpulkan 25 miliar views dan mengedit 44 juta halaman setiap bulannya.

Itulah mengapa Wikipedia disebut berbasis donasi dari penggunanya untuk proses kurasi konten dan menerjemahkannya dalam banyak bahasa.

Namun kendati demikian lembaganya tidak ingin menjual layanannya atau menyematkan iklan meskipun memang membutuhkan dana operasional, pihaknya akan tetap mempertahankan bisnis berbasis donasi.

Ini bukanlah pertama kalinya Musk dan Wikipedia adu mekanik karena sebelumnya tepat di bulan Mei lalu pendiri Wikipedia yaitu Jimmy Wales memgkritik Musk untuk membatasi sejumlah konten di aplikasi X atau Twitter jelang pemilihan presiden di Turki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: