Waspada Jajanan Mengandung Maltodekstrin, Berisiko Gangguan Pencernaan Pada Buah Hati Anda

Waspada Jajanan Mengandung Maltodekstrin, Berisiko Gangguan Pencernaan Pada Buah Hati Anda

Waspada Jajanan Mengandung Maltodekstrin.--

SUMEKS.CO - Jajanan camilan anak-anak yang dijual di minimarket saat ini beragam jenisnya, rasa manis serta dikemas dengan tampilan yang menarik membuat si kecil tidak jarang tergoda untuk membelinya.

Namun, dibalik kelezatan dan tampilan yang menarik yang ditawarkan pada produk camilan anak ternyata punya resiko yang membahayakan apabila sering dikonsumsi.

Diantaranya yakni, banyak jenis camilan anak yang mengandung Maltodekstrin yang dapat dilihat dari daftar sajian dibalik kemasan camilan anak.

Diketahui Maltodekstrin merupakan kandungan karbohidrat yang sering digunakan sebagai bahan tambahan pada produk makanan ringan seperti camilan hingga minuman.

BACA JUGA:Memang Pahit! Ternyata Daun Pepaya Cegah Penyakit Mematikan

Apabila dikonsumsi secara berlebih, kandungan Maltodekstrin dapat beresiko mengganggu pencernaan.

Seperti yang diunggah oleh salah satu akun media sosial @youlifeofficial, yang menerangkan jajanan camilan apa saja yang mengandung Maltodekstrin.

@youlife.id Membalas @Caca Pramuditha ternyata produk dengan maltodekstrin banyak bgt ada di sekeliling kita✨ dari mulai wafer, biskuit, dll. Sebenernya byk sekali pro dan kontra mengenai kandungan ini. Tapi menurut BPOM maltodextrin ini aman dijadikan sebagai pengawet namun tidak boleh dijadikan sebagai bahan pengawet untuk obat2 an dan snack bayi. Jadi moms termasuk yg pro atau kontra nih mengenai zat ini? Boleh diskusi di kolom komentar ya???????? #maltodextrin #jajanananak #cemilananak #waspada #snack #kids #momsoftiktok #parenting #education #fyp #fypシ #ilmutiktok ♬ Cute - Aurel Surya Lie

Adapun dijelaskannya, produk jajanan camilan anak jenis diantaranya adalah wafer roll, wafer coklat, coklat pasta, serta sandwich biskuit.

Diterangkannya, Maltodekstrin adalah salah satu zat adiktif yang mana zat adiktif tersebut adalah zat yang bisa jadi ketagihan.

BACA JUGA:Amankah Mengkonsumsi Teh Bagi Wanita yang Sedang Haid? Cek Faktanya Disini

"Zat adiktif ini biasa ditambahkan ke makanan, dengan tujuan meningkatkan rasa, penampilan dan kualitas makanan," terang narator.

Sedangkan, lanjut narator Maltodekstrin ini sendiri berfungsi sebagai pengental, pemanis sekaligus pengawet pada makanan kemasan.

Menurutnya, mengenai penggunaan kandungan Maltodekstrin yang ada pada makanan camilan ini terjadi pro dan kontra di masyarakat.

"Tapi menurut BPOM sendiri, Maltodekstrin tergolong aman untuk pembuatan makanan dan minuman kemasan," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: