Dinas Pertanian OKU Timur Gelar Pelatihan Tematik Dukung Kemandirian Petani

Dinas Pertanian OKU Timur Gelar Pelatihan Tematik Dukung Kemandirian Petani

Kadin Pertanian OKU Timur ketika memberikan arahan kepada peserta Pelatihan Tematik bagi Penyuluh Pertanian.--

SUMEKS.CO - Untuk mendukung Kemandirian Petani, Dinas Pertanian Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur menggelar Pelatihan Tematik.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Eks Lokasi Gelar Teknologi Pertanian (GTP) PEDA KTNA XV, Jaya Bakti, Kecamatan Madang Suku I, Kabupaten OKU Timur pada Selasa 15 Agustus 2023.

Kegiatan ini diikuti oleh Penyuluh Pertanian dan Ketua Kelompok Tani dari lingkup 6 Balai Penyuluhan Pertanian. Antara lain, BPP Sumber Suko, BPP Nusabakti, BPP BMR, BPP Betung, BPP Campang Tiga, dan BPP Jayabakti. Kegiatan dilakukan bertahap sampai 20 BPP di 20 Kecamatan hingga terpenuhi. 

Kepala Dinas Pertanian OKU Timur, Junadi, SP, MM mengatakan melalui pelatihan tematik ini Penyuluh bisa mengadopsi inovasi teknologi, Asap Cair dan Biosaka untuk dapat ditransfer pengetahuan kepada Petani.

BACA JUGA:Jembatan Swadaya Masyarakat Desa Kurungan Nyawa II Diresmikan Bupati Enos

“Tujuan kegiatan ini pada hakekatnya sesuai dengan tema pelatihan ini untuk membangun kemandirian agar petani tidak tergantung pada produk pabrikan,” ujar Junadi.

Asap cair merupakan produk organik yang memiliki multi fungsi untuk kegiatan usaha tani, bisa menggantikan asam atau cuka semut. Sebagai bahan pestisida organik pengendali OPT (Organisme Pengganggu Tanaman).

Biosaka dapat membantu petani mengatasi dalam kebutuhan pupuk. Petani dapat membuat pupuk berbahan Biosaka secara mandiri tanpa membeli dari pabrikan.

“Target pelatihan tematik ini terwujudnya kemandirian petani, meningkatkan produksi hasil panen peningkatan pendapatan petani dan keluarganya. Setelah pelatihan tematik ini, harapannya penyuluh dan Ketua Kelompok Tani dapat menularkan ilmu yang diperoleh pada pelatihan kepada petani lainnya. Peserta pelatihan dapat mempraktikkan bersama 2 petani binaan di wilayah kerjanya masing-masing,” jelas Junadi.

BACA JUGA:Paripurna, Bahas dan Meneliti Rancangan KUA dan Rancangan PPAS Tahun Anggaran 2024

Harapannya, kata Junadi, penyuluh dapat lebih profesional dalam mengemban tugas membangun pertanian di Kabupaten OKU Timur. Sehingga akan membantu terwujudnya Kabupaten OKU Timur Maju Lebih Mulia.

Setelah dilaksanakan pengarahan dari Kepala Dinas Pertanian OKU Timur dilanjutkan adanya penyampaian pelatihan tematik teori praktik pembuatan dan pemanfatan Biosaka dan Asap Cair dari Bidang KPSDMP pada seksi Penerapan Teknologi Pertanian yang dipandu oleh narasumber Sudigyo.

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Junadi, SP, MM, selaku Kepala Dinas Pertanian OKU Timur, Juni, SP, MEP selaku Kabid KPSDMP Dinas Pertanian OKUT, Iman Sulaiman, SP, MSi selaku Kasi KPSDMP.

Kemudian, Yudi Hariadi, ST, MM selaku Kasi Penerapan Teknologi Pertanian, dan Sudigyo selaku Analisis Pemanfaatan Teknologi Dinas Pertanian Kabupaten OKU Timur. Sementara Koordinator BPP yang hadir Ahmad Fatoni, SP selaku Koordinator BPP Sumber Suko Kecamatan Belitang, Nono Suharno, SPKP selaku Koordinator BPP Nusabakti Kecamatan Belitang III, Arifin Saja’ah, SP selaku BPP BMR Kecamatan Belitang Madang Raya, Bukhori, SP selaku BPP Betung Kecamatan Semendawai Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: