Ribuan Nelayan di Ogan Ilir Terima Bantuan Peralatan Tangkap Ikan

 Ribuan Nelayan di Ogan Ilir Terima Bantuan Peralatan Tangkap Ikan

Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, menyerahkan bantuan kepada salah satu penerima bantuan dari Kementerian Perikanan dan Kelautan RI, Senin, 16 Oktober 2023. Foto: Hetty/sumeks.co--

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Pemerintah Kabupaten OGAN ILIR melalui Dinas Perikanan Kabupaten OGAN ILIR, memberikan bantuan kepada ribuan nelayan di Bumi Caram Seguguk. 

Penyerahan bantuan kepada nelayan ini diberikan langsung Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, bertempat di Balai Benih Ikan (BBI) Kabupaten Ogan Ilir, Senin, 16 Oktober 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Panca mengungkapkan, bahwa budidaya ikan air tawar di Kabupaten Ogan Ilir saat ini sudah tidak bisa dipandang sebelah mata. 

"Makanya pada tahun ini ada anggaran di pusat untuk pengadaan sarana perikanan bagi nelayan tangkap," ujarnya. 

BACA JUGA:Prabowo Subianto: Negara Lain Tidak Suka Nelayan Kita Tangkap Ikan di Laut Sendiri

Ditambahkan Panca, sarana-sarana tangkap ikan yang dibagikan ini hendaknya bisa menjadi penyemangat para nelayan tangkap untuk mencari ikan di sungai. 

"Sehingga kesejahteraan ekonomi masyarakat Ogan Ilir bisa meningkat," katanya lagi. 

Panca juga mengungkapkan, bahwa mulai akhir tahun ini pabrik pakan ikan milik Pemkab Ogan Ilir yang dipusatkan di BBI Kabupaten Ogan Ilir akan mulai beroperasi. 

"Saya menganggarkan mulai akhir tahun ini pabrik pakan akan dimiliki kabupaten Ogan Ilir," tutupnya. 

BACA JUGA:Dua Tokoh Nasional Kunjungi Kampung Nelayan Betuah

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Ogan Ilir, Bustanul Arifin mengungkapkan, bantuan yang diberikan ini yakni kepada 102 kelompok pembudidaya ikan.

"Adapun untuk jumlah nelayannya sebanyak 1.020 orang pelaku usaha," ujarnya. 

Adapun bantuan yang diberikan berupa bedah rumah, unit pengolahan ikan dan alat-alat pendukung. Untuk nilai bantuan yang diberikan berkisar Rp236.000.000 untuk bedah rumah pengolahan perikanan, serta Rp49.900.000 alat pendukungnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: