Nyalakan Api Unggun untuk Bikin Kopi, Kebakaran Mengerikan Landa Hutan di Cordoba Argentina

Nyalakan Api Unggun untuk Bikin Kopi, Kebakaran Mengerikan Landa Hutan di Cordoba Argentina

Kebakaran hebat landa hutan di Cordoba Argentina gegara api unggun.--

SUMEKS.CO - Mengerikan! Inilah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan kondisi Argentina saat kebakaran hebat melanda Provinsi Cordoba, 10 Oktober 2023 lalu. 

Kebakaran hutan yang terjadi di wilayah tengah Argentina itu, ternyata akibat ulah dari seorang warga bernama Ulises Xarate (27), yang membuat api unggun

Dikutip SUMEKS.CO dari berbagai sumber, Xarate mengungkapkan, bahwa kebakaran itu bermula ketika dirinya menyalakan api unggun untuk membuat kopi. 

Sebelum peristiwa kebakaran hutan hebat itu terjadi, Xarate tengah melakukan kemah di daerah dekat Kota Villa Carlos Paz di wilayah Punilla di provinsi tersebut.

BACA JUGA:Selama 2 Hari, Puluhan Hektare Kebun Sawit dan Karet Milik Warga Prabumulih Terbakar

Saat menyalakan api unggun, Xarate tidak dapat mengendalikan angin yang bertiup kencang. Hal ini membuat api yang menyala sangat kencang dan akhirnya melompat membakar hutan. 

Kebakaran hutan meluas di tengah gelombang panas hebat yang melanda negara tersebut. Gambar dan video dari daerah itu menunjukkan kobaran api besar di kawasan perbukitan.

Di media sosial juga tampak terlihat api yang membumbung tinggi, serta asap hitam tebal tampak menyelimuti wilayah hutan di wilayah Punilla Provinsi Cordoba. 

Akibat kebakaran hebat ini, puluhan orang terpaksa diungsikan ke tempat yang lebih aman. Karena, kebakaran ini telah merambah hingga ke rumah-rumah warga.

BACA JUGA:Berkali-Kali Bantah Dibakar, Kini Lahan Perkebunan PTPN VII Cinta Manis Disegel KLHK

Petugas pemadam kebakaran yang berjumlah 960 orang, hanya tampak berupaya memadamkan api yang telah mencapai beberapa rumah warga di wilayah tersebut. 

Selain mengerahkan petugas kebakaran yang cukup banyak, delapan pesawat pemadam dan dua buah helikopter juga dikerahkan untuk membantu memadamkan api. 

Gubernur Cordoba, Juan Schiaretti, di media sosialnya memberikan imbauan kepada warganya supaya mematuhi aturan dan arahan petugas pemadam kebakaran dan pihak berwenang. 

Hal tersebut bertujuan supaya kebakaran berulang tidak terjadi lagi di wilayah Provinsi Cordoba. Karena, keselamatan warganya merupakan yang paling utama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: