MasyaAllah, Ditinggal Berdagang, Rumah Habis Terbakar, Ini Penyebabnya!

MasyaAllah, Ditinggal Berdagang, Rumah Habis Terbakar, Ini Penyebabnya!

KEBAKARAN : Diduga konsleting listrik, satu unit rumah permanent milik pedagang pakaian yakni Nofrizal Chan warga RT O3, RW 04, Kelurahan Pasar II, Kecamatan Muara Enim.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Apes dialami Nofrizal Chan warga RT O3, RW 04, Kelurahan Pasar II, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, satu unit rumah permanent milik pedagang pakaian ini hangus terbakar, Kamis 12 Oktober 2023 sekira pukul 13.30 WIB.

Kebakaran diduga akibat konsleting listrik. Meski tidak ada korban jiwa namun kerugian diperkirakan ratusan juta rupiah.

Menurut dua saksi mata warga setempat yakni Asep dan Rudianto yang merupakan tetangga korban mengatakan bahwa pertama kali ia secara tidak sengaja bersama istrinya mau pulang berboncengan motor ke rumahnya sekitar 13.30 WIB. Ketika melintas didepan rumah korban, ia melihat ada api didalam rumah.

Melihat hal tersebut ia spontan berteriak minta tolong bersama istrinya lantaran lokasi kebakaran merupakan pemukiman padat dan rumahnya dekat dengan rumah korban yang terbakar.

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Imbau Gelar Sholat Istisqa Serentak Besok di Kabupaten OKI

Kemudian dirinya dibantu tetangganya Rudianto dan warga lainnya memberitahukan Ketua RT dan berupaya memadamkan api dengan cara mendobrak pintu depan lantaran rumah tersebut kosong sebab ditinggal pemiliknya berdagang dan sekolah. 

"Kami langsung dobrak saja pak, ketika terbuka api sudah besar dan telah berada diruang tengah. Kami langsung berupaya melakukan pemadaman dan menghubungi PBK Muara Enim," ujar Asep.

Sekitar 20 menit kemudian, lanjut Asep, PBK Muara Enim datang dan langsung melakukan pemadaman dan api sekitar satu jam kemudian berhasil dipadamkan sehingga tidak menyambar ke rumah tetangga.

"Kalau saya lihat semuanya habis terbakar sebab api sudah besar. Tinggal bangunan dari beton saja yang tertinggal, kalau atap dan plafon dan perabotan semua hangus terbakar," jelasnya.

BACA JUGA:Menggila, Timnas Sepak Bola Indonesia Menang Telak 6-0 atas Brunei di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Ketua RT 03, RW 04, Mutolib mengatakan bahwa kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Pada saat kejadian rumah dalam kondisi kosong sebab pemiliknya berdagang sedangkan anak-anaknya sekolah sehingga tidak ada korban jiwa hanya kerugian materil.

Untuk penyebabnya belum tahu pasti, namun diduga kuat akibat konsleting listrik sebab pada saat kejadian tidak ada penghuninya.

"Saya ketika diberitahu warga ada kebakaran, saya langsung berkoordinasi dengan pihak terkait dan memantau langsung ke lokasi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Kalau korban untuk sementara ditampung dirumah tetangga dan masih terlihat shock," ujarnya.

Ketika dikonfirmasi ke Kapolres Muara Enim AKBP Andi Supriadi membenarkan adanya kejadian kebakaran yang diduga akibat konsleting listrik. Dan dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa hanya kerugian materil. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: