WOW! Pemerintah Bakal Bagi-Bagi Rice Cooker Gratis, Nilai Anggaran Bukan Kaleng-Kaleng, Tembus Rp 347,5 Miliar

WOW! Pemerintah Bakal Bagi-Bagi Rice Cooker Gratis, Nilai Anggaran Bukan Kaleng-Kaleng, Tembus Rp 347,5 Miliar

Pemerintah berencana membagikan rice cooker atau penanak nasi gratis untuk masyarakat Indonesia.--

SUMEKS.CO - Kabar gembira bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, akan membagikan rice cooker atau penanak nasi secara gratis. 

Menteri Energi Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif mengungkapkan, bagi-bagi rice cooker ini merupakan program Pemerintah Indonesia untuk mendorong penggunaan energi alternatif bagi rakyat Indonesia. 

"Kita sudah mengeluarkan aturan terkait program bantuan rice cooker untuk tiap rumah tangga ini secara gratis," ungkapnya dikutip SUMEKS.CO dari berbagai sumber, Minggu, 8 Oktober 2023.

Adapun aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 11 tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik (AML) ke Rumah Tangga. Pembagian rice cooker ini dilakukan secara gratis.

BACA JUGA:Banyak Persamaan dengan Belalang, Darahpun Tak Mengalir Dasar MUI Nyatakan Karmin Halal

Sementara itu, Sekretaris Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana mengatakan, pembagian rice cooker gratis ini dilakukan guna mendorong adanya pemanfaatan energi bersih di seluruh sektor industri.

Program bagi-bagi rice cooker ini menyusul program sebelumnya yang sudah diluncurkan oleh pemerintah, yakni, program kendaraan listrik untuk pemanfaatn energi bersih di sektor transportasi. 

"Saat ini, pemerintah juga ingin mengeluarkan program pemanfaatan energi bersih untuk industri rumah tangga," terangnya. 

Ditambahkan Dadan, bagi-bagi rice cooker gratis ini akan dilakukan pada tahun ini juga kepada masyarakat Indonesia. Namun hal itu tergantung dari anggaran pemerintah.

BACA JUGA:Viral! Puluhan Petugas Kebersihan RSUD Piru Maluku Ngamuk Hingga Hamburkan Sampah, Alasannya Bikin Naik Darah

Terpisah, Juru Bicara Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Yustinus Prastowo menerangkan, Kemenkeu telah menyiapkan dana sebesar Rp 347,5 miliar untuk program Alat Masak Berbasis Listrik (AML). 

"Anggaran ini untuk membagikan rice cooker listrik ke 500.000 rumah tangga," jelasnya. 

Adapun syarat rumah tangga yang dapat menerima rice cooker gratis adalah pelanggan PT PLN (Persero) atau PT PLN Batam dengan ketentuan golongan tarif untuk keperluan rumah tangga kecil pada tegangan rendah dengan daya 450 VA.

Kemudian, golongan tarif untuk keperluan rumah tangga kecil pada tegangan rendah dengan daya 900 volt-ampere dan 900 VA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: