Cughop Duo Muaro, Air Terjun yang Jernih dan Indah di Kabupaten Empat Lawang, Sumsel

Cughop Duo Muaro, Air Terjun yang Jernih dan Indah di Kabupaten Empat Lawang, Sumsel

Air terjun Dua Muara di Desa Sawah, Kecamatan Muara Pinang, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan.-Eno-

SUMEKS.CO - Ada banyak objek wisata air terjun di Kabupaten Empat Lawan, Sumatera Selatan. Salah satunya Air Terjun Dua Muara, atau lebih sering disebut Cughop Duo Muaro yang berada di Kecamatan Muara Pinang.

Hampir sama dengan beberapa air terjun lainnya yang ada di Kabupaten Empat Lawang, air terjun Dua Muara terletak di antara perkebunan kopi warga, tepatnya di Desa Sawah, Kecamatan Muara Pinang.

Air terjun ini mengalirkan air belerang dari Sungai Degian. Hingga saat ini tercatat ada 6 air terjun di sungai belerang yang jernih disini.

Posisi persis dari air terjun ini tidak terlalu jauh dari Air Terjun Degian. Berada di atas naik sekitar 10 meter lagi.

BACA JUGA:Tersembunyi Dibalik Hutan Musi Rawas, Air Terjun Satan Menawarkan Panorama Alami Nan Indah

Air terjun Cughop Duo Muaro memiliki ketinggian sekitar 5 meter. Keunikan dari air terjun ini yakni adanya pertemuan 2 aliran sungai yang berbeda, akan tetapi kedua sungai tersebut tetap miliki 1 nama.

"Sebut saja Sungai Degian Kiri dan Degian Kanan, air terjun ini memiliki kolam dengan kedalaman 1 meter. Pastinya airnya bening dan jernih sehingga sangat cocok untuk mandi dan berenang," kata Riki Abdiansyah, ketua Laskar Penjelajah Alam (LPA) Desa Sawah.

Dijelaskan Riki, akses menuju air terjun ini juga sangat mudah karena masih satu arah dengan Air Terjun Degian. Bahkan jika mengunakan kendaraan roda 2 khusus kebun bisa masuk ke lokasi air terjun.

"Walau cukup mudah diakses sangat disayangkan air tejun ini walau sudah banyak yang tahu bahkan dari tahun 2021 lalu, sekarang masih sangat jarang sekali orang yang datang kesini. Padahal air terjun ini berada tepat di pingir jalan utama," jelas Riki.

BACA JUGA:AMAZING! Temuan Air Terjun 9 Tingkat di Muratara, Miliki Panorama Alami, Natural dan Eksotis

Menurut Riki, air terjun ini tidak kalah unik dan menarik, pastinya tak kalah indah dengan air terjun lainya yang ada di kawasan tersebut.

"Kami akan terus berusaha keras mengenalkan dan mempublikasikan air terjun ini sampai namanya cukup umum dikenal oleh masyarakat khususnya di Empat Lawang dan sekitarnya," tutupnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: