Android 14 Resmi Hadir? Cek Deretan Fitur dan Smartphone yang Sudah Didukung Teknologi Ini

Android 14 Resmi Hadir? Cek Deretan Fitur dan Smartphone yang Sudah Didukung Teknologi Ini

Ilustrasi--net

SUMEKS.CO - Setelah kesuksesan sistem operasi (OS) pada Android 13 dan segudang fitur canggihnya, tidak heran jika banyak yang menantikan kehadiran OS Android 14.

Rutin setiap tahun, Android menghadirkan pembaruan untuk memberikan peningkatan, dan pengalaman yang lebih baik bagi seluruh pengguna.

Fokus utama sebelum kehadiran dari Android 14 ialah personalisasi. Tahun ini, Google menghadirkan serangkaian fitur untuk personalisasi yang lebih terbaru.

Salah satunya lewat fitur ‘Material You’ yang diupdate dari OS Android 13. Seperti diketahui, fitur ini dapat secara otomatis menyesuaikan elemen pengaturan, antarmuka pengguna, ikon aplikasi, sesuai dengan warna wallpaper.

BACA JUGA:Pelatihan Berbasis Google Site, Inisiatif Unsri Membekali Guru SD Lahat dengan Teknologi Pembelajaran Terkini

Selain itu, ada fitur Android 14, pengguna bisa mengatur shortcut khusus untuk mengakses lebih cepat aplikasi dan fungsi favorit.

Bahkan akan akan ada penyesuaian untuk layar beranda dan layar kunci yang memberikan template khusus untuk warna, font, widget, dan banyak lagi.

Selain personalisasi, OS Android 14 dibekali kualitas video dan gambar beresolusi tinggi yang jauh lebih baik dibanding varian sebelumnya.

Sistem operasi terbaru ini menawarkan ‘Ultra HDR’ untuk memastikan gambar yang dihasilkan memberikan tampilan warna-warna lebih cerah.

BACA JUGA:Sambil Rebahan, Modal Google Chrome Bisa Dapat DANA Gratis Rp120.000 Tiap Hari

Terlebih lagi, dengan resolusi layar Ultra HDR, hasil gambar yaang diambil dan ditampilkan tanpa mengurangi kualitas.

Terakhir, terdapat fitur baru di OS Android 14 ialah ‘Health Connect’ berfungsi memperkuat perlindungan kontrol untuk fungsi keamanan, kesehatan, dan data.

Health Connect merupakan fitur baru yang memberi pengguna cara terpusat untuk mengelola dan menyimpan data kesehatan dari akses aplikasi yang digunakan.

Jelas ini memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mencari hasil olahraga dan juga memberi kontrol lebih terhadap siapa yang memiliki akses ke data tersebut.

BACA JUGA:Bew! Benarkah Ada Google Map Kemampuan Ultra, Bisa Lihat Bagian Pixel Paling Kecil? Netizen Malah Tak Percaya

Sistem operasi Android 14 juga memperkenalkan pembaruan berbagi data baru yang memberikan lebih banyak visibilitas tentang cara aplikasi menggunakan data.

Misalnya, pengguna kini akan diberitahu saat aplikasi membagikan data lokasi ke pihak ketiga.

Untuk pengguna yang memiliki masalah pada penglihatan dan pendengaran, OS Android 14 menyertakan sejumlah fitur baru.

Kemudian, kaca pembesar yang ditingkatkan lebih intuitif, serta pengaturan cepat untuk mengubah ukuran font tulisan dan logo didalam smartphone.

BACA JUGA:Ayo Dicoba, Aplikasi Resmi Google Penghasil Uang, TERBUKTI Dapat Cuan Gratis Rp450 Ribu

Android 14 juga menawarkan fitur baru bagi pengguna yang memiliki masalah pendengaran, seperti alur penyiapan khusus dan kemampuan untuk mengakses kontrol alat bantu dengar dengan cepat dari shortcut.

Pengguna kini bisa mengaktifkan pemberitahuan flash untuk memberikan kilatan cahaya visual saat smartphone pengguna sedang menerima notifikasi.

Menurut pihak Google sebagai pengembang sistem operasi, hingga saat ini Android 14 sudah dirilis namun baru untuk perangkat Google Pixel dengan versi stabilnya.

BACA JUGA:Diabadikan Google Doodle, Siapa Sastrawan Sapardi Djoko Damono?

Diperkirakan pada akhir tahun, Android 14 ini akan tersedia untuk pabrikan smartphone lain seperti iQOO, OnePlus, Nothing, Oppo, Samsung, Sharp, Realme, Tecno, Sony, Xiaomi, dan Vivo.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: