WOW! Logam Mulia Ini Tahan Panas 600 Derajat Celsius, Harganya Jauh Kalahkan Emas

WOW! Logam Mulia Ini Tahan Panas 600 Derajat Celsius, Harganya Jauh Kalahkan Emas

Ilustrasi Rhodium, Logam mulia termahal di dunia.-Foto: VecMes/Freepik-

SUMEKS.CO - Banyak yang beranggapan, logam mulia paling berharga adalah emas. Ternyata itu salah. 

Logam mulia ini sangat berharga. Bahkan, harga pun 10 kali lipat harga emas. Menariknya, logam mulai paling berharga didunia ini, tahan terhadap panas. 

Rhodium adalah logam mulia paling berharga yang dimaksud. Kemampuan Rhodium yang luar biasa untuk menahan suhu hingga 600 derajat Celcius (1.112 derajat Fahrenheit). 

Jika dilihat harganya, saat ini mencapai USD 10.300 per ons. Namun perlu dicatat, mahalnya rhodium ini, sesuai dengan ketersediaannya yang sangat langka. 

BACA JUGA:Terungkap! Ini Petunjuk Bila Masuk Lokasi Emas Ratusan Ton Kerajaan Sriwijaya, Berada di Rimbah Belantara

Sedangkan harga emas hanya kisaran diangka USD 1.850 per ons. Menurut British Royal Society of Chemistry, di kerak bumi, rhodium hanya terdapat 0,000037 bagian per juta.

Cadangan emas relatif berlimpah sekitar 0,0013 bagian per juta. Afrika Selatan dan Rusia menjadi produsen rhodium.

Rhodium menjadi produk sampingan pemurnian biji tembaga dan nikel, yang mengandung hingga 0,1 persen logam mulia ini. Sekitar 16 ton rhodium diproduksi setiap tahunnya, dengan perkiraan cadangan 3.000 ton.

Dikutip dari berbagai sumber, rhodium termasuk dalam seri logam transisi dan secara kimia tidak reaktif dengan oksigen. Sehingga termasuk sebagai logam mulia. 

BACA JUGA:Wajar Jadi Rebutan Inggris dan Belanda, Kandungan Emas di Provinsi Pemekaran Sumsel Ini Mengalahkan Freeport

Sifat unik ini menjadikannya katalis yang sempurna, tahan terhadap korosi dan oksidasi. 

Dengan kekerasannya yang luar biasa dan titik leleh 1.964 derajat Celcius, rhodium berbagi posisinya di antara logam golongan platina, termasuk paladium, osmium, platina, iridium, dan rutenium.

Ketidaklarutannya dalam sebagian besar asam menjadikannya sumber daya sangat berharga di berbagai industri, termasuk otomotif, penerbangan, komponen listrik, termokopel suhu tinggi, dan kabel resistansi. 

Rhodium ditemukan tahun 1803 oleh William Hyde Wollaston, ahli kimia dari Inggris. Wollaston mengekstraksi unsur tersebut dari sepotong bijih platinum yang berasal dari Amerika Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: