MASYAALLAH! Kemarau Panjang, Masyarakat di Kabupaten OKI Kesulitan Air Bersih

MASYAALLAH! Kemarau Panjang, Masyarakat di Kabupaten OKI Kesulitan Air Bersih

Petugas PMI Kabupaten OKI mendistribusikan air bersih di pemukiman warga Kelurahan Kedaton Kayuagung. --

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Musim kemarau yang melanda bukan hanya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) saja terjadi, tetapi masyarakat juga kesulitan air bersih

Pasalnya, sejumlah sumber air berupa sumur warga mengalami kekeringan. Termasuk sumber air di Sungai yang sudah mulai surut. 

Kesulitan air bersih yang dibutuhkan masyarakat banyak di sejumlah pemukiman, membuat PMI Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) memberikan solusi dengan mensuplai air bersih di tengah-tengah masyarakat. 

Sekretaris PMI Kabupaten OKI, Sirni Lestari mengungkapkan, pihaknya mulai mendistribusikan air bersih kepada masyarakat di sejumlah pemukiman khususnya yang membutuhkan karena sumurnya sudah mengalami kekeringan yakni sejak pertengahan September. 

BACA JUGA:Mau Buka Usaha Travel? Pilih SUZUKI Every Wagon, PAKET KOMPLIT Kabin Luas, Irit Bahan Bakar, Harga Bersahabat

"Melalui mobil tangki kita yang ada, kita suplai air bersih di pemukiman warga yang ada di Kayuagung ini," ujarnya, saat dikonfirmasi, SUMEKS.CO, Jumat 29 September 2023.

Dia menyebut, distribusi air bersih ini dilakukan karena para warga sangat membutuhkan. Dimana sumur sudah mengalami kekeringan. Meskipun ada sebagian masyarakat sumurnya belum mengalami kekeringan. 

Dimana rata-rata masyarakat Kayuagung ini, untuk kebutuhan air bersih bersumber dari sumur bukan air PAM seperi di kota besar. Jadi, kalau musim kemarau rata-rata sumur kering. 

Lanjut Sirni, saat sore hari pihaknya dengan menggunakan mobil tangki muatan 5.000 liter mendatangi pemukiman. Di pusatkan di pemukiman itu masyarakat setempat silakan mengambil dari mobil tangki dengan menggunakan ember atau dirigen. 

BACA JUGA:Pedagang Siomay Keliling di Muara Enim Jadi Korban Begal, Motor Dirampas, Gerobak Dibuang di Pinggir Jalan

"Adanya mobil tangki air bersih ini, masyarakat sangat senang, karena bisa mendapatkan air untuk kebutuhan sehari-hari seperti memasak, mencuci dan mandi," terangnya. 

Pelaksanaan distribusi air bersih ini yang telah dilaksanakan masih di seputar Kayuagung seperti, pemukiman warga Tanjung Rancing, Sukadana, perumahan Kayuagung seberang, Kelurahan Kedaton, Kutaraya dan lainnya. Juga di permukiman yang padat penduduk lainnya yang membutuhkan. 

"Rata-rata semua kelurahan di Kayuagung untuk pemukiman nya didistribusikan air bersih karena semuanya membutuhkan saat ini," ucapnya.

Sambungnya, di awal Oktober ini hingga November 2023, pihak telah menjadwalkan untuk pendistribusian air bersih. Di beberapa Desa di Kecamatan SP Padang, Teluk Gelam, Tanjung Lubuk dan kecamatan lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: