Bahas Tindak Pidana Perdagangan Orang, Kemenkumham Sumsel Diskusi Bersama Pemerintah Daerah

Bahas Tindak Pidana Perdagangan Orang, Kemenkumham Sumsel Diskusi Bersama Pemerintah Daerah

Kemenkumham Sumsel Diskusi Bersama Pemerintah Daerah Bahas Tindak Pidana Perdagangan Orang.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan meminta masyarakat untuk berhati-hati ketika melakukan perjalanan ke luar negeri.

Hal itu guna mencegah Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

“Menindaklanjuti maraknya berita perdagangan orang, kami melaksanakan analisis informasi TPPO bersama Kepolisian, BP2MI, Dinas Tenaga Kerja, dan instansi terkait. Gunanya untuk melihat seberapa jauh respons, kebijakan serta solusi dari Dinas terkait, agar menjadi solusi dalam meminimalisasi TPPO di Sumatera Selatan,” ujar Kepala Bidang HAM, Karyadi, ketika membuka kegiatan di Aula Kanwil, Senin 25 September 2023.

Disampaikan Karyadi mewakili Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, bahwa Kemenkumham melalui jajaran Imigrasi telah melakukan pengawasan penerbitan Dokumen Perjalanan Republik Indonesia terutama menolak permohonan paspor yang terindikasi menjadi Pekerja Migran Indonesia Non Prosedural.

“Dalam penanganan pemohon yang teridentifikasi sebagai Pekerja Migran Indonesia Non Prosedural, telah dilakukan penolakan secara sistem sesuai dengan prosedur. Hal ini telah ditindaklanjuti dengan cermat agar pemohon tidak dapat mengajukan paspor di kantor imigrasi lain,” ujar Karyadi.

BACA JUGA:Maksimalkan Pencegahan Kebakaran di Palembang, Pj Wako Ratu Dewa Lakukan Ini

Hadir selaku narasumber dalam kegiatan tersebut, Kasubdit 4 Renakta Ditreskrimum Polda Sumsel, AKBP Raswidiati Anggraini.

Ia menyampaikan bahwa untuk membasmi TPPO diperlukan koordinasi dengan seluruh instansi terkait.

“Dalam menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo dalam pencegahan TPPO, kami telah membentuk Satgas TPPO yang rutin berpatroli di wilayah Sumsel sebagai upaya mendeteksi potensi kejahatan TPPO yang dapat merugikan masyarakat,” ujar AKPB Raswidiati.

Selain patroli, Polda Sumsel juga telah mengintensifkan kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk lembaga sosial dan LSM yang peduli terhadap isu TPPO.

BACA JUGA:Wow Keren! Main Game Bisa Dapatkan Rp9.959.000, Hanya Khusus Hari Ini!

Upaya kolaboratif ini diharapkan dapat lebih efektif dalam mengidentifikasi dan membantu para korban TPPO.

Ditambahkannya, bahwa pelaku TPPO memiliki beberapa modus untuk menggaet para korban, diantaranya Penyalahgunaan Dokumen Perjalanan, melalui modus-modus online scamming, Memberikan Harapan Gaji Besar, Memanfaatkan Kelengahan Pengamanan Perbatasan Negara, Praktik Kerja Lapangan yang Tak Sesuai Ketentuan, serta Eksploitasi Seksual.

Raswidiati menegaskan pentingnya peran serta masyarakat dalam upaya pencegahan TPPO. Ia mengajak seluruh warga Sumatera Selatan untuk lebih waspada dan berani melaporkan setiap potensi kasus TPPO kepada pihak berwajib.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: