Mantap! Keliling Desa, Polsek Cengal Sosialisasi Stop Karhutla dan Baksos

Mantap! Keliling Desa, Polsek Cengal Sosialisasi Stop Karhutla dan Baksos

Polsek Cengal dan komunitas trail sambangi masyarakat Desa sampaikan sosialisasi stop karhutla dan baksos. --

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Polsek Cengal bersama komunitas trail Cengal (Cemtrac) mengadakan sosialisasi serta bakti sosial kepada masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) khususnya di Desa Kecamatan Cengal, Sabtu 23 September 2023.

Sosialisasi kali ini menghimbau kepada warga Desa di Kecamatan Cengal agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

Dikatakan Kapolres OKI AKBP Dili Yanto SH MH melalui Kapolsek Cengal, Iptu Chandra Kirana SH MH, kegiatan sosialisasi dan baksos ini adalah mitigasi Karhutla juga kebun dengan cara berkeliling ke desa-desa selama 2 hari. 

"Kegiatan yang dilaksanakan itu bukan hanya personil Polsek Cengal saja tapi juga personil BKO Sat Brimob Polda Sumsel dan serta komunitas trail," ujar Kapolsek, Sabtu 23 September 2023.

BACA JUGA:Candaan Herman Deru : Heran Foto Bersama Pj Wako Palembang Ratu Dewa Banyak yang Like

Dijelaskan Chandra, kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dimulai Kamis hingga Jumat kemarin.

Sosialisasi dimulai dari Desa Cengal, Kebon Cabe, Balam Jeruju dan Desa Sungai Jeruju. Lalu Desa Somor dan berakhir Di Desa Sungai Pasir. 

Kegiatan ini adalah sambang patroli dialogis bersama komunitas motor trail kepada warga di seputaran Desa yang rawan terjadinya kebakaran atau karhutla. 

"Jadi kita mengingatkan dan menghimbau masyarakat yang tinggal di Desa akan rawan karhutla di musim kemarau seperti sekarang ini," kata Chandra. 

BACA JUGA:MANTAP! Kemenkumham Babel Terbaik Pertama Monev Survei IPK/IKM

Lanjutnya, kegiatan itu juga di sepanjang rute yang dilalui diberikan bantuan sembako khususnya yang bekerja sebagai pencari ikan, petani, pekebun yang terkena dampak cuaca kekeringan.

Disampaikan Kapolsek, kegiatan itu pada Jumat kemarin, di Desa Sungai Pasir dengan menggunakan sepeda motor kemudian dilanjutkan menggunakan klotok (ketek) untuk menjangkau warga-warga pencari ikan di daerah tersebut.

"Alhamdulillah kami dalam kegiatan ini menggandeng pihak perusahaan penyangga Desa Rawan karhutla seperti PT Sampoerna Agro Group (Kebun Limau Kasturi dan Kebun Puncak Terang), PT.BMH distrik Serdang, dan PT RPP untuk sama sama mensosialisasikan terkait karhutla serta memberikan Baksos kepada masyarakat," terangnya. 

Sambungnya, di musim kemarau, rata-rata masyarakat di Desa terdampak oleh cuaca/musim kemarau saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: