Maksimalkan Pencegahan Radikalisme dan Terorisme, FKPT Kabupaten/Kota di Sumsel Segera Dibentuk!

Maksimalkan Pencegahan Radikalisme dan Terorisme, FKPT Kabupaten/Kota di Sumsel Segera Dibentuk!

Maksimalkan Pencegahan Radikalisme dan Terorisme, FKPT Kabupaten/Kota di Sumsel Segera Dibentuk.--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Kabupaten/Kota wilayah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) akan segera dibentuk. 

Hal itu diungkapkan, Ketua FKPT Sumsel Romi Afriansyah kepada SUMEKS.CO pada Sabtu 23 September 2023.

"Jadi kita kemarin mengadakan rapat monitoring dan evaluasi FKPT Sumsel. Poinnya berdasarkan arahan dari Kasubdit Kontra Propaganda Kolonel Salahuddin Nasution M.Si mendorong agar dibentuknya FKPT Kabupaten/Kota di Sumsel," ungkapnya. 

Romi menjelaskan, sebelum Kasubdit Kontra Propaganda Kolonel Salahuddin Nasution M.Si memberi arahan kepada FKPT Sumsel, ia telah melangsungkan audiensi dengan Kesbangpol Sumsel

BACA JUGA:Mengandung Banyak Nutrisi Baik, Ini 6 Manfaat Rutin Konsumsi Minyak Ikan

"Saat audiensi itulah disampaikan poin dari keinginan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI agar dibentuknya Kabupaten/Kota, dikarenakan Pemerintah Daerah juga terlibat untuk melakukan pencegahan radikalisme Terorisme di wilayah masing-masing. Teknisnya sesuai dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri tentang perlibatan pencegahan radikalisme Terorisme," jelasnya. 

Lanjut Romi menuturkan, poin Surat Edaran Menteri Dalam Negeri tersebut mendorong terbentuknya FKPT di Kabupaten/Kota.

"Tujuannya agar lebih efektif penanggulangan radikalisme terorisme di Kabupaten/Kota," tuturnya. 

Menurut Romi, langkah tersebut lebih efektif, karena kalau hanya pengurus FKPT Sumsel saja tidak sebanding dengan jumlah Kabupaten/Kota.

BACA JUGA:Patroli Udara, Kapolda Sumsel Monitoring Penanggulangan Karhutla di Muba

Untuk evaluasinya, FKPT Sumsel didorong lebih efektif melakukan pencegahan radikalisme dan terorisme di instansi-instansi, seperti BUMD. 

"Karena sasarannya kawanan teroris ini juga ke instansi. Seperti kasus KAI bagaimana terpaparnya pegawai yang terlibat. Kelompok teroris radikal ini lebih pintar, mereka mengincar ke instansi juga, bukan cuma mengincar yang kurang ekonomi. Mereka melihat gesekan tersebut lebih cepat jika mengincar di instansi," katanya. 

Target pembentukan FKPT Kabupaten/Kota di Sumsel dalam waktu dekat. 

"Pihak Kesbangpol Sumsel akan melaporkan san mempertimbangkan dulu ke Gubernur Sumsel. Kemudian Gubernur akan koordinasi mengarahkan Kabupaten/Kota. Dari BNPT minta agar anggaran disediakan Pemerintah setempar, kalau provinsi dari pusat," ucap Romi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: