Kebakaran Lahan di Ogan Ilir Bikin Warga Panik, Emak-Emak Berjibaku Evakuasi Barang Berharga

Kebakaran Lahan di Ogan Ilir Bikin Warga Panik, Emak-Emak Berjibaku Evakuasi Barang Berharga

Sejumlah warga berinisiatif mengangkat sejumlah barang berharga milik mereka untuk diselamatkan sebelum rumah mereka menjadi korban kobaran api yang mengganas. --

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Kebakaran lahan di Desa Pulau Semambu Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir sejak sore hingga malam tadi, Jumat 22 September 2023, menyisakan trauma bagi warga. 

Betapa tidak, kebakaran lahan tersebut telah mendekati hingga ke pemukiman warga. Bahkan, warga pun menjadi panik melihat kobaran api yang membumbung tinggi di dekat tempat tinggal mereka. 

Saking paniknya, sejumlah wargapun berinisiatif mengangkat sejumlah barang berharga milik mereka untuk diselamatkan sebelum rumah mereka menjadi korban kobaran api yang mengganas. 

Menurut seorang warga Desa Pulau Semambu, Yusma Dewi, warga memang panik melihat api yang berkobar. Awalnya, kebakaran lahan di Desa Pulau Semambu ini terlihat kecil dan sedikit jauh dari pemukiman penduduk

BACA JUGA:Tak Mampu Tembus Tembok Voli Cina, Timnas Voli Putra Indonesia Tersingkir di Babak 12 Besar Asian Games 2022

"Namun, tiba-tiba api membesar dan semakin mendekati rumah warga," ujarnya. 

Melihat api yang sedikit demi sedikit merambat ke pemukiman penduduk, Yusma Dewi pun bergegas mengevakuasi pakaian, peralatan masak, dan surat-surat berharga ke tempat yang lebih aman.

"Kami angkut ke tempat tetangga. Soalnya rumah saya rumah kayu, gampang terbakar," ungkapnya. 

Selain mengintai rumah warga di Desa Pulau Semambu, kebakaran lahan yang terjadi kemarin juga membuat kebun jeruk milik warga yang berada dekat pekarangan rumah juga tersambar kobaran api. 

BACA JUGA:Luar Biasa ! Muba Borong Tiga Kategori Juara Terbaik I di Anugerah Inovator Sumsel 2023

Beruntung, kobaran api yang terjadi di dekat pemukiman warga Desa Pulau Semambu, akhirnya bisa diatasi oleh Satgas Karhutla yang terdiri dari anggota Polres Ogan Ilir, BPBD Ogan Ilir, Manggala Agni, dan TNI. 

Satgas Karhutla ini berhasil memadamkam api yang ada di Desa Pulau Semambu Kecamatan Indralaya Utara Ogan Ilir sekitar pukul 21.00 WIB. Satgas berhasil menghalau api, dan akhirnya api tidak merambat rumah warga. 

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Ogan Ilir, Edi Rahmat mengungkapkan, mengenai kebakaran lahan di Desa Pulau Semambu kemarin sore hingga malam hari tadi, membuat anggota BPBD Kabupaten Ogan Ilir standby di lokasi. 

"Tim memastikan bahwa api benar-benar padam, baru bisa meninggalkan lokasi," tegasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: