Hampir Setiap Hari Kebakaran, 421.78 Hektare Lahan di Ogan Ilir Sudah Terbakar

Hampir Setiap Hari Kebakaran, 421.78 Hektare Lahan di Ogan Ilir Sudah Terbakar

Satgas Karhutlah saat melakukan pemadaman api di lahan yang terbakar di sisi Jalan Lintas Palembang-Indralaya, Jumat, 15 September 2023.--

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Hampir setiap hari wilayah Kabupaten Ogan Ilir dilanda kebakaran lahan. Ada beberapa titik di wilayah Ogan Ilir yang menjadi langganan kebakaran lahan.

Antara lain, di wilayah Kecamatan Indralaya Utara dan Pemulutan. Saat ini saja, kebakaran lahan tengah melanda Desa Ulak Petangisan Kecamatan Pemulutan. 

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Ilir, Edi Rahmat, saat ini sudah 421.78 hektare lahan terbakar. 

"Data jumlah lahan yang terbakar ini dari 1 Januari hingga 15 September 2023," sebutnya kepada SUMEKS.CO, Jumat, 15 September 2023.

BACA JUGA:Gudang Tempat Penampungan Minyak Jelantah di Tanjung Barangan Palembang Meledak dan Terbakar

Adapun daerah paling rawan terbakar, kata Edi, diantaranya di Kecamatan Indralaya, Indralaya Utara, Pemulutan dan Pemulutan Barat. Dalam beberapa hari ini, wilayah ini sering terbakar.

Akibat dari kebakaran lahan ini, terkadang membuat lalu lintas baik di Jalan Lintas Palembang-Indralaya maupun di Tol Palembang-Indralaya sering terganggu. 

Karena, lahan yang terbakar ini sebagian besar terjadi di sisi kiri Jalan Lintas Palembang-Indralaya dan juga Tol Palembang-Indralaya. 

Terkadang, tambah Edi, proses pemadam kebakaran lahan yang terjadi di wilayah Ogan Ilir ini sering terkendala sumber air, lantaran banyak lokasi sumber air yang sudah mengering. 

BACA JUGA:Ini Penjelasan Pengantin Wanita ‘Wong Palembang’ dan 5 Temannya Sebabkan Kebakaran Bromo, Lewat Pengacaranya

"Sumber air sudah habis. Jadi Tim Satgas Karhutla berusaha mencari sumber air yang masih ada," ujar Edi.

Terpisah, Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim Kebakaran Hutan dan Lahan (PPIKHL) Wilayah Sumatra, Ferdian Kristanto mengungkapkan, saat ini Manggala Agni tengah berupaya keras untuk memadamkan kebakaran lahan di Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir (OKI). 

"Kita terus berupaya keras, ketika ada informasi kebakaran lahan tim Manggala Agni langsung menuju lokasi untuk melakukan pemadaman api," ungkapnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: