Peduli dan Tanggungjawab Terhadap Pemanasan Global, PT MBJ Siap Hijaukan Wilayah Sumatera

Peduli dan Tanggungjawab Terhadap Pemanasan Global, PT MBJ Siap Hijaukan Wilayah Sumatera

PT MBJ bersama anak sekolah dan warga menanam pohon dalam rangka mewujudkan wilayah Sumatera yang hijau, sebagai bentuk kepedulian terhadap pemanasan global yang terjadi saat ini. Foto: dokumen/sumeks.co--

SUMEKS.CO – Sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab bersama dalam melestarikan lingkungan, PT Marga Bara Jaya menggulirkan gerakan Menanam Satu Juta Pohon di wilayah Sumatera.

PT MBJ ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang infrastruktur dan logistik. Perusahaan ini menginisiasi gerakan Menanam Satu Juta Pohon melalui hastag #satujutapohonMBJHijaukanSumatera.

Menurut Anton Wasito, Perwakilan PT MBJ, gerakan ini digulirkan didorong dari kepedulian akan isu pemanasan suhu bumi. Dimana, suhu di Indonesia saat ini juga terus mengalami peningkatan, tanpa terkecuali di Sumsel.

"Pohon berperan penting dalam meredam gas rumah kaca, sebagai penyebab utama pemanasan global dan perubahan iklim," ujarnya, 15 September 2023.

BACA JUGA:Perkuat Implementasi ESG Lewat BRImo FSTVL, Nasabah Tanam Pohon Setiap Pembukaan Rekening BritAma

Anton menambahkan, pohon memiliki fungsi menyimpan karbon yang menjadi sumber utama penyebab pemanasan global. Dalam hal ini, PT MBJ memiliki mimpi besar untuk menghijaukan Sumatera.

Gerakan Menanam Satu Juta Pohon ini, dimulai PT MBJ di Sekolah Filial Suku Anak Dalam Pagar Desa Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin, beberapa hari lalu. Dan akan dilakukan secara bertahap di beberapa titik di Sumatera.

"Hutan di Sumatera ini kan menjadi salah satu penyumbang oksigen atau udara bersih bagi Indonesia, maka dari itu kami ingin turut serta berkontribusi membangun negeri melalui penghijauan demi masa depan Indonesia yang lebih baik lagi," kata Anton.  

Adapun jenis pohon yang ditanam, diantaranya, tanaman produktif seperti durian, alpukat dan mangga yang bisa dinikmati hasilnya oleh masyarakat serta tanaman yang juga memiliki fungsi mempertahankan kondisi alami hutan.

BACA JUGA:Tanam Pohon Serentak se-Indonesia, Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini

Untuk menyediakan kecukupan jumlah bibit, PT MBJ mengajak peran serta masyarakat sekitar untuk melakukan persemaian dan penanaman pohon. 

Hasil persemaian ini nantinya akan diserahkan juga kepada masyarakat di berbagai wilayah Sumsel dan wilayah lain. 

Dan dalam kegiatan persemaian bibit dan penanaman pohon ini, PT MBJ membuka peluang kerja sama dengan pihak lain baik pemerintah maupun pihak swasta yang memiliki visi dalam melestarikan lingkungan. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel, Pandji Tjahjanto, menyambut baik inisiasi gerakan Menanam Satu Juta Pohon yang digulirkan oleh PT MBJ ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: