Hadist Rasulullah SAW Tentang Rebo Wekasan, Bikin Merinding Tak Percaya

Hadist Rasulullah SAW Tentang Rebo Wekasan, Bikin Merinding Tak Percaya

--

SUMEKS.CO - 13 September 2023, bertepatan dengan Rebo Wekasan atau Rabu terakhir pada bulan Safar. Dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk memohon terhindar dari penyakit kusta.

Banyak kalangan ulama bertentangan mengenai Rabo Wekasan. Pasalnya, banyak yang menyebut Rebo Wekasan merupakan hari diturunkannya balak dan bencana ke muka bumi.

Sampai-sampai sebagian kalangan beranggapan, Allah SWT akan menurunkan sebanyak 320.000 balak dan bencana ke dunia.

Di sisi lain, Rasulullah SAW melarang keras kepada umatnya percaya mengenai hari sial. Hal tersebut disampaikannya dalam sebuah hadist yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:

BACA JUGA:Hari Ini Rebo Wekasan Terjadi, Ustaz Abdul Somad: Perbanyak Sedekah dan Amalkan Doa Ini, Jika Tidak...

"Tidak ada penyakit menular. Tidak ada kepercayaan datangnya sial dari bulan Shafar. Tidak ada kepercayaan bahwa orang mati, rohnya menjadi burung yang terbang," (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Dalam riwayat lain, penjelasan tentang Rebo Wekasan juga disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim.

"Tidak ada wabah (yang menyebar secara sendirinya), tidak pula ramalan sial, tidak pula burung hantu dan juga Safar. Menghindarlah dari penyakit kusta sebagaimana engkau menghindari singa.” (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Adapun sebagian ulama yang menganjurkan doa agar dibaca saat Rebo Wekasan guna menghindari balak bencana yakni:

BACA JUGA:Terungkap, Ayat yang Menerangkan Tentang Rebo Wekasan, Tak Disangka Ada Pada Ayat Ini Juga!

Bismillahirrahmanirrahim. Wa shallallahu ta'ala 'ala sayyidina muhammadin wa 'ala alihi wa shahbihi wa sallam.

Allahumma yaa syadidul quwa wa yaa syadiidul mihaal ya 'aziizu dallan li'izzatika jamii'u khalqika ikfinaa min jamii'i khalqika yaa muhsinu ya mujammalu ya mutafadhalu ya mun'imu yaa mukrimu ya man laa ilaaha illa anta birahmatika ya arhamar raahimin.

Allahumma bisirril hasani wa akhihi wa jaddihi wa abiihi ikfinaa syarri haadal yaumi wa ma yunazzalu fiihi ya kafii fasayakfikahumullahu wa huwas samiiul'aliimu wa hasbunallahu wa ni'mal wakiilu wa laa haula wa laa quwwata illa billahil 'aliyiil 'adhiim.

Wa shallallahu ta'ala 'alaa sayyidnia muhammadin wa 'ala alihi wa shahbihi wa sallim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: