PLTS Irigasi Desa Karang Raja Kabupaten Muara Enim, Bukti Kehadiran Negara Tingkatkan Kesejahteraan Petani

PLTS Irigasi Desa Karang Raja Kabupaten Muara Enim, Bukti Kehadiran Negara Tingkatkan Kesejahteraan Petani

PTBA membangun PLTS Irigasi untuk membantu petani di desa-desa kabupaten Lahat.-foto sumeks.co-

MUARA ENIM, SUMEKS.CO -  Kepala Desa Karang Raja, Kabupaten Muara Enim, Okta Vianty, Am.Keb, mengatakan saat ini ada sekitar 3 hektar sawah yang ikut program Padi Organik PTBA yang dialiri oleh PLTS Irigasi dari PT Bukit Asam, Tbk (PTB).

Dalam kerjasama ini, petani menyewakan lahannya kepada PTBA untuk ditanami bibit padi organic.  PTBA yang melakukan pengelolaan atas 3 hektar sawah padi organic tersebut, sedangkan petani atau pemilik lahan sawah mengerjakannya.

BACA JUGA:Bukit Asam (PTBA) Resmikan PLTS Irigasi Desa Karang Raja di Kabupaten Muara Enim, Pas Momen HUT ke-78 RI

‘’Saat ini baru 3 hektar sebagai pilot project. Jika memang berhasil, maka tidak menutup kemungkinan akan merambah ke sawah-sawah di sekitar PLTS Irigasi tersebut,’’ kata Kades Okta ketika dihubungi SUMEKS.CO via telepon, Senin 11 September 2023.

Menurut dia, PTBA menunjuk lembaga BRS untuk melakukan pembimbingan terhadap petani yang masuk dalam program Padi Organik tersebut.

‘’Program pembinaan petani menanam padi organic ini telah dimulai awal September tadi.’’

Nantinya hasil panen sawah tersebut, akan diekspor ke mancanegara. Karena secara market target, beras organic lebih disukai oleh Negara luar. 

Kades Okta memastikan kehadiran PLTS Irigasi yang dibangun PTBA tersebut, secara jangka panjang dapat meningkatkan perekonomian petani local.

BACA JUGA:PLTS Irigasi Bukit Asam (PTBA) Jadi Andalan Petani Desa Nanjungan Kabupaten Lahat

‘’Secara penghasilan, jika berhasil diekspor, income yang akan dikantongi menjadi lebih besar,’’ kata dia.

Pun dengan petani yang belum masuk program padi organic. Secara ekonomi akan memberikan efek positif. Karena umumnya, masa panen petani menggarap sawahnya di desa sekitar PLTS Irigasi panen berdasarkan tadah hujan.

‘’Jadi secara produktivitas panen, kita berharap, dari 2x panen dalam setahun, dengan adanya aliran dari Irigasi PLTS PT Bukit Asam (PTB) ini, panen bisa sampai 3x dapam setahun,’’ ujar dia. 

Saat ini, Kades Okta mengatakan, PLTS Irigasi PT Bukit Asam  Desa Karang Raja tersebut, baru mengairi sawah yang berada dekat penampungan air saja.

Nah seperti dipesankan oleh Plt Bupati Kabupaten Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah saat peresmian aliran air dari PLTS Irigasi tersebut setidaknya harus lebih luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: