Gandeng BUMD-Rei Sumsel, Baznas Palembang Berikan Tanah dan Bangunkan Rumah untuk Warga Miskin

Gandeng BUMD-Rei Sumsel, Baznas Palembang Berikan Tanah dan Bangunkan Rumah untuk Warga Miskin

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Palembang H Ridwan Nawawi. Foto: Naba/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Masyarakat Palembang yang berada di bawah garis kemiskinan mendapat kesempatan untuk renovasi dan rehab rumah. 

Namun, yang menjadi permasalahannya ketika masyarakat mendapat kesempatan tersebut. Ternyata rumah tersebut bukan milik pribadinya, melainkan menyewa. 

Hal itu diungkapkan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Palembang H Ridwan Nawawi kepada SUMEKS.CO pada Senin 4 September 2023.

"Bahkan, masyarakat dibawah garis kemiskinan tersebut tidak memiliki tanah pribadi atau keluarga yang dapat dibangunkan rumah," ungkapnya. 

BACA JUGA:Pemkot Palembang Bersama Baznas Kumpulkan Rp360 Juta dari Gerakan Sedekah Subuh

H Ridwan menjelaskan, oleh karena itu, Baznas Palembang memberikan solusi untuk masyarakat Palembang di bawah garis kemiskinan yang belum memiliki rumah agar dibangunkan. 

Dalam hal ini, Baznas Palembang mengajak berbagai pihak bersinergi untuk membangunkan rumah untuk masyarakat Palembang yang di bawah garis kemiskinan. 

"Jadi kita ada solusi melalui program namanya Sedekah Rumah untuk membangunkan rumah dengan anggaran Rp 60 juta. Namun permasalahannya terkadang masyarakat yang ingin dibangunkan rumah tidak memiliki tanah,” katanya. 

“Oleh karena itu kami gandeng pihak lain untuk menyediakan tanah, dalam hal ini Real Estate Indonesia (REI) Sumsel dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Palembang seperti PD Pasar, PDAM, SP2J, dan lainnya untuk memberikan tanah," tambahnya. 

BACA JUGA: Baznas Palembang Ajukan Perbaikan 20 Rumah Tidak Layak Huni ke Baznas RI

Lanjut H Ridwan menuturkan, pihak REI Sumsel atau BUMD Palembang akan memberikan bantuan tanah, sementara pihak Baznas Palembang akan membangunkan rumah dengan anggaran tersebut. 

"Orang miskin ini kan jangankan tanah, makan saja susah. Jadi keinginan kami ini pihak lain seperti Pengusaha yang punya banyak tanah agar memberikan tanahnya, jadi kami dari Baznas bisa membangungkan rumah untuk mereka," tuturnya.

Kendati demikian, H Ridwan menyebutkan hasil dari program Sedekah Rumah telah membangun 6 unit. 

"Unit rumah yang kami bangun type 36 dengan luas tanah 100. Mereka yang dapat bantuan rumah tersebut menjadi hak miliknya karwna diserahkan langsung sertifikat dan surat-suratnya. Terima kasih untuk pihak yang telah bekerja sama dalam program ini," tukasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: