7 Daerah Sumsel, Masih Menanti Pengumuman Resmi Pj Bupati dan Walikota dari Kemendagri

7 Daerah Sumsel, Masih Menanti Pengumuman Resmi Pj Bupati dan Walikota dari Kemendagri

Ilustrasi--dok : sumeks.co

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Berbagai pihak sedang menanti pengumuman nama Penjabat (Pj) Bupati atau Wali Kota untuk tujuh daerah di Sumatera Selatan yang masa jabatannya berakhir pada tanggal 18 September 2023.

Hingga tanggal 1 September kemarin, belum ada pengumuman resmi. Ini berlaku baik untuk Pj Wali Kota Palembang, Pagaralam, Prabumulih, dan Lubuklinggau, maupun Pj Bupati Banyuasin, Muara Enim, dan Empat Lawang.

BACA JUGA:Ini Daftar PJ Gubernur yang Dilantik Jokowi, Sumatera Selatan Siapa?

Ketua DPRD Muara Enim, Liono Basuki Bsc, menyatakan bahwa mereka masih menunggu keputusan resmi dari Kementerian Dalam Negeri terkait penunjukan Pj.

Namun, DPRD Muara Enim berharap bahwa setidaknya salah satu dari tiga calon Pj yang mereka usulkan akan mendapatkan persetujuan dari Kemendagri.

“Kita masih menunggu, karena itu kewenangan pemerintah pusat yang dalam hal ini Kemendagri,” katanya dikutip dari sumateraekspres.id pada Minggu 3 September 2023.

Tiga calon Pj yang diusulkan oleh DPRD Muara Enim adalah Yulius MSi, Kurniawan AP MSi, dan Rinaldo SSTP MSi.

BACA JUGA:7 Daerah di Sumsel Tunggu Nama Pj Bupati dan Walikota Mereka Siapa? Harapannya Sesuai Usulan Wakil Rakyat

Di sisi lain, untuk Pj Wali Kota Prabumulih, ada lima usulan dari Gubernur dan DPRD Prabumulih. Salah satunya adalah H Elman ST, Sekda Prabumulih.

Wakil Ketua I DPRD Kota Prabumulih, H Ahmad Palo, menyatakan bahwa mereka masih menantikan pengumuman nama Pj Wali Kota Prabumulih dari Kemendagri.

"Kita berharap agar pengumuman tersebut dapat dilakukan sebelum tanggal 18 September untuk menghindari kekosongan jabatan," katanya. 

Tiga calon Pj yang diusulkan oleh DPRD Prabumulih adalah H Elman ST (Sekda Kota Prabumulih), Indra Bangsawan SH MM (Inspektur Kota Prabumulih), dan H Amirudin (Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumsel).

BACA JUGA:DPRD Sumsel Usulkan 3 Nama Pj Gubernur, Nama Mantan Pj Bupati Pali Masuk Dalam Usulan

Di lain pihak, Ketua DPRD Kota Lubuklinggau H Rodi Wijaya, juga mengonfirmasi bahwa hingga saat ini belum ada informasi resmi mengenai Pj Wali Kota Lubuklinggau dari Kemendagri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: