Pernah Makan Daun Pakis? Ini 6 Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Pernah Makan Daun Pakis? Ini 6 Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Sayur pakis mengandung banyak vitamin dan nutrisi baik untuk kesehatan tubuh.--dok : sumeks.co

SUMEKS.CODaun pakis termasuk sayuran yang langkah dan hanya sebagian orang suka. Padahal memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan gizi didalam daun pakis ini tergolong luar biasa dibandingkan dengan sayur-sayuran lainnya.

Vitamin c dan juga kalium didalam daun pakis termasuk yang tinggi, bahkan melebihi kandungan yang ada didalam sayur kangkung.

Memiliki bentuk yang terbilang unik dengan batang berwarna hijau, panjang dan juga memiliki daun yang melingkar lengkung.

BACA JUGA:Sayur Pakis Kuah Santan, Aslinya Tanaman Liar, Ternyata Punya Segudang Manfaat Bagi Tubuh

Rasanya yang terbilang khas bagi sebagian orang tergolong dalam sayuran yang lezat dan renyah sementara kandungan kalori dan lemak yang ada dalam tanaman ini cukup rendah.

Selain itu, pakis kata akan asam lemak esensial, antioksidan dan juga beta karoten. Kandungan lain seperti air, protein, lemak, karbohidrat dan juga serat ada dalam daun pakis ini.

Nah berikut manfaat yang dihasilkan oleh daun pakis dari kandungan yang ada. Simak ulasan berikut ini :

1. Melancarkan sistem pencernaan

BACA JUGA:Ini 5 Manfaat Sayuran Pakcoy yang Kaya Nutrisi dan Baik untuk Kesehatan Tubuh

Salah satu kandungan yang ada dalam daun pakis yaitu serat dimana terbilang tinggi yang bisa memenuhi gizi harian atau kebutuhan serat harian.

Jika kadar serat harian tercapai seperti serat salah satunya bisa bermanfaat dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan.
Gangguan ini diantaranya adalah mencegah sembelit dan juga susah buang air besar (BAB).

Namun perlu diketahui bahwa memenuhi makanan untuk melindungi sistem pencernaan bukan hanya bisa didapat dari daun pakis saja melainkan bisa juga dari menu makanan harian yang tinggi serat.

Makanan lain yang tinggi serat ini diantaranya seperti buah pir, apel, pisang, kacang hijau, brokoli, atau kentang.

BACA JUGA: Ingin Penglihatan Terjaga, Konsumsi 7 Buah dan Sayur Penyehat Mata Berikut Ini

2. Mengontrol berat badan

Untuk yang sedang dalam masa penurunan berat badan bisa menggunakan daun pakis sebagai sumber serat serta masuk dalam makanan harian.

Ini karena daun pakis ini termasuk sayuran yang memiliki kandungan yang rendah lemak dan juga rendah kalori dimana akan menjaga tubuh tetap stabil dan ideal.

Kandungan ini sebenarnya memang termasuk yang umum pada sayuran lainnya tetapi daun pakis bisa membuat yang mengkonsumsinya kenyang lebih lama.

BACA JUGA:MENGERIKAN! 7 Sayuran Ini Bisa Jadi Racun Bila Dikonsumsi Setiap Hari

Jadi bisa terhindar dari waktu ngemil yang kurang sehat atau juga bisa jadi variasi menu makan sehat agar tidak bosan dengan sayuran yang terlalu biasa saja.

3. Menjaga dan mengontrol kadar gula

Bagi penderita penyakit diabetes, daun pakis bisa jadi salah satu pilihan makanan yang cocok karena kandungan serat, antioksidan dan lemak baik bisa mengontrol kadar gula dalam tubuh.

Kandungan mineral kalium dalam sebuah daun pakis bisa memenuhi kebutuhan kalium harian sehingga tekanan darah akan sehat.

BACA JUGA:Benarkah Konsumsi Minuman Beralkohol Bikin Bergairah? Begini Menurut Dr Binsar Martin Sinaga Fias

Itulah mengapa selain penderita diabetes, penderita hipertensi juga bisa mengkonsumsi daun pakis namun dengan diselingi pola makan yang baik serta teratur.

4. Meningkatkan imunitas tubuh

Adanya kandungan vitamin C dalam daun pakis bisa memnuhi kebutuhan harian tubuh dan juga sayuran satu ini dikenal dengan banyak nutrisi termasuk efek antioksidannya.

Tentunya seperti yang diketahui bahwa kandungan vitamin C sangat penting untuk menunjang sistem imunitas.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Khusus Pasangan Suami Istri, Berikut Tanda Wanita Sehat dan Bugar

Imun yang kuat akan membuat tubuh tetap sehat dna terlindungi dari berbagai penyakit dan juga antioksidan bisa menghasilkan pencegahan tehadap efek radikal bebas yang sangat membahayakan tubuh.

5. Mencegah anemia

Anemia muncul dengan gejala yang umumnya seperti sakit kepala, mengantuk akibat kekurangan zat besi yang akan memicu penyakit ini.

Namun kondisi ini bisa dikurangi dengan mengkonsumsi makan-makanan yang kaya akan zat besi seperti daun pakis.

BACA JUGA:Susu Almond Bisa Membantu Dalam Proses Diet, Berikut 5 Manfaat Lainnya

Didalam daun pakis terdapat kandungan zat besi yang sangat tinggi dimana daun pakis ini dinilai bermanfaat dalam memproduksi sel darah merah yang akan mencegah penyakit anemia ini.

Namun perlu diketahui kandungan zat besi dalam sayuran tidak mudah terserap oleh tubuh layaknya pengonsumsian daging.

Jadi disarankan untuk tetap mengimbangi dengan makan-makanan yang kaya zat besi dengan penyerapan yang lebih cepat.

6. Mengurangi resiko penyakit jantung

BACA JUGA:Ibu Hamil Wajib Tau, Tak Cuma Nikmat Kopi dan Teh Ternyata Banyak Efek Negatif Lho

Daun pakis dikenal sebagai tanaman kaya akan kalium dimana dapat mengurangi resiko jantung dengan takaran yang masih dalam batas wajar.

Kalium ini adalah mineral yang sangat penting dan dapat mencegah beberapa penyakit lain selain jantung seperti darah tinggi dan stroke.

Beberapa ahli menilai kalium dapat mencegah penumpukan kalsium pada sel otot polos yang ini adalah masalah serius karena plak lemak, kolesterol dan zat lain yang berbahaya dapat menghambat aliran darah.

Itulah mengapa kandungan kalium bisa memperbaiki dan mencegah penyakit jantung, tetapi disarankan untuk merujuk kepada dokter lebih lanjut.

BACA JUGA:Dibalik Bau Khasnya yang Menyengat, Ternyata Natto Miliki 5 Manfaat Bagi Kesehatan

Nah itu dia 6 manfaat sayuran daun pakis, tentunya untuk mendapatkan manfaat ini bisa dibarengi dengan pola hidup sehat serta pola makan yang baik sehingga akan menciptakan kesehatan didalam tubuh.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: