New Suzuki Celerio 2023 vs Suzuki Baleno, Sama-Sama Mungil Berikut Keunggulan dan Kekurangan

New Suzuki Celerio 2023 vs Suzuki Baleno, Sama-Sama Mungil Berikut Keunggulan dan Kekurangan

New Suzuki Celerio vs Suzuki Baleno--dok : sumeks.co

SUMEKS.CO - New Suzuki Celerio 2023 dan Suzuki Baleno, adalah dua mobil keluaran Suzuki yang sedang naik daun saat ini.

Mobil dengan bodi sama-sama mungil ini menawarkan spesifikasi terbaik. Tidak salah jika peminatnya semakin banyak.

Sebagai panduan bagi calon konsumen, SUMEKS.CO akan mengulas keunggulan kedua mobil tipe hatchback ini.

Untuk diketahui, Suzuki termasuk produsen mobil paling produktif. Perusahaan ini rajin mengeluarkan kendaraan mobil terbaru.

BACA JUGA:New Suzuki Celerio 2023 Generasi Ketiga Interior dan Eksterior Lebih Mewah, Hadir Dalam Waktu Dekat

Mengakomodir warga perkotaan yang padat, namun dituntut untuk mobilitas tinggi, Suzuki mengeluarkan mobil-mobil berbodi mungil.

Diantaranya ada Suzuki Ignis, Suzuki Presso, Suzuki Jimny dan Suzuki Ertiga. Masing-masing mempunyai kelebihan dengan segmen berbeda.  

Kembali membahas New Suzuki Celerio dan Suzuki Baleno, berikut spesifikasi unggul yang dimiliki kedua mobil ini :

Mesin dan Performa

BACA JUGA:New Suzuki Celerio 2023 Anti Banjir dan Performa Tangguh, Genangan Air Langsung Terobos

Untuk mesin dan performa Suzuki Baleno sedikit lebih unggul dibandingkan New Suzuki Celerio 2023. Baleno mengusung mesin berkapasitas Petrol 1.5 L dengan tenaga mesin 1,462 cc.

Sedangkan Celerio masih menggunakan mesin berkapasitas Petrol 1.0 L dengan tenaga mesin 988 cc dan puteran piston masih menggunakan 3 silinder.

Meski pada mesin dan performa Suzuki Baleno lebih unggul, keduanya mampu menempuh jarak sekitar 20 – 23 untuk satu liter bahan bakar.

Bahkan untuk bahan bakar, Celerio sedikit lebih unggul karena telah dibekali teknologi VVT-I engine star-stop Idle sehingga untuk satu liter bahan bakar dapat ditempuh hingga jarak 26,67 Km.

BACA JUGA:New Suzuki Celerio 2023 Anti Banjir dan Performa Tangguh, Genangan Air Langsung Terobos

Persamaan yang hadir dari keduanya mucul dari varian tranmisi, diantara keduanya sama-sama dibekali dengan dua tranmisi yakni, manual (M/T) dan otomatis (A/T).

Eksterior: Gahar vs Tangguh

Dimensi kedua mobil garapan Suzuki ini cukup setara. Sama-sama dibangun dari suspensi MacPherson Strut With Coil Spring (depan) dan Torsion Beam With Coil Spring (belakang).

Untuk ukuran, New Suzuki Celerio 2023 dibekali dengan panjang 3.600 mm, lebar 1.600 mm dan tinggi 1.540 mm, untuk Suzuki Baleno panjang 3.990 mm, lebar 1.745 mm dan tinggi 1.485 mm.

BACA JUGA:New Suzuki Celerio 2023 akan Hadir di Indonesia Dalam Waktu Dekat, Diimpor dari India

Dari dimensi Celerio sedikit lebih kecil dari Baleno, namum dengan ukuran yang lebih kecil mobil ini dapat bermanuver lebih leluasa dan dapat parkir ditempat sempit.

Sedangkan, dari sisi desain eksterior, Suzuki Baleno mungkin lebih tangguh. Ini berkat desain grill trapezoid ke atas dengan cover fog lamp yang lebar di bagian depan.

Terdapat pembeda lain dari  keduanya yakni bentuk velg yang digunakan. New Suzuki Celerio 2023 mengusung velg alloy dengan bentuk kipas trapezoid two tone berwarna silver.

Sementara, Suzuki Baleno memilih bentuk kincir, juga berbentuk bilah pisau, tapi berwarna hitam doff.

BACA JUGA:Sporty dan Stylish, Suzuki Celerio Rekomendasi Mobil Hatchback Untuk Anak Muda

Untuk pilihan warna, Baleno lebih unggul dengan memberikan tujuh variasi warna dari pada Celerio yang hanya menyediakan tiga variasi.

Interior: Elegan vs Sporty

Menggunakan platform body yang sama, interior keduanya nyaris tak mengalami perbedaan. Dimensi interior berukuran tidak mengalai perbedaan termasuk luas bagasi keduanya yang mencapai 267 liter.

Dasbor keduanya dengan model stir, panel, hingga layar head unit 6,1 inci yang posisi dan bentuknya sama persis.

BACA JUGA:Tawarkan Kemewahan Interior, Suzuki Celerio Saingi Honda Brio, Totoya Agya dan Daihatsu Ayla

Namun, balutan material fabric pada kemudi Suzuki Baleno membuatnya tampak sedikit lebih mewah dari pada stir Celerio yang polos. Kesan elegan dan mewah juga tampak dari jok kursi Baleno.

Selain kemudi dan jok depan tersebut, nyaris tak ada perbedaan lain yang dapat ditemukan,

Kesimpulan dari segi desain, Suzuki Baleno sedikit lebih unggul dengan tambahan aksesoris stir yang membuatnya tampak lebih mewah dan elegan.

Sedangkan New Suzuki Celerio 2023 tampak lebih cocok untuk yang berjiwa muda, sporty, dan ceria, karena terlihat lebih simpel.

BACA JUGA:Suzuki Kenalkan Dunia Otomotif Ke Siswa Sekolah

Fitur Keamanan

Untuk keamanan, baik New Suzuki Celerio 2023 dan Suzuki Baleno, sama-sama memberikan keamanan lebih.

Fitur keamanan standar seperti, Hill Assist, Vehicle Stability Control (VSC) dan Anti-Lock Braking System (ABS).

Hanya saja fitur Suzuki Baleno lebih unggul dengan sudah menambahkan empat airbag. Ini membuat baik pengemudi dan  pengendara lebih aman saat terjadi benturan atau hingga kecelakaan.

BACA JUGA:Selain Murah, Ini Keunggulan Suzuki Celerio Hatcback yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Kedua mobil ini juga sama-sama telah dibekali dengan engine immobilizer (anti maling) dan smart key sehingga saat parkir dalam waktu lama pengguna tidak perlu khawatir mobil akan digondol pencuri).

Harga Celerio dan Baleno

Namun, secara harga New Suzuki Celerio 2023 jauh lebih murah untuk kelas yang setara. Konsumen dapat membawa pulang Celerio dengan harga antara Rp 97 – 110 juta. Sedangkan harga Suzuki Baleno sekitar Rp 250 jutaan.

BACA JUGA:Jangan Panas! Lihatlah Suzuki Celerio, Segudang Fitur Canggih Harga Termurah di Segmen Hatchback

Jadi, manakah yang lebih sukai antara New Suzuki Celerio 2023 dan Suzuki Baleno? Apapun itu, pastikan untuk membeli sesuai dengan kebutuhan dan sesuaikan dan budjet yang dimiliki.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: