Kawah Merapi Gunung Dempo Pagaralam Kembali Erupsi, Sempat Terekam Pendaki

Kawah Merapi Gunung Dempo Pagaralam Kembali Erupsi, Sempat Terekam Pendaki

Tangkapan layar video amatir semburan asap putih pekat membubungi tinggi di udara, berada di tengah kawah merapi Dempo. Foto: dokumen/sumeks.co--

PAGARALAM, SUMEKS.CO – Gunung Api Dempo (GAD) Kota PAGARALAM kembali erupsi pada Senin 21 Agustus 2023 kemarin. 

Bahkan semburan erupsi asap dari kawah Merapi Dempo sempat terekam dalam video singkat berdurasi 18 detik dari para pendaki yang tengah melakukan pendakian ke GAD.

Dari tayangan video singkat itu tampak jelas terdengar teriakan para pendaki yang mengajak turut serta rekan pendakinya untuk turun menjauhi areal kawasan di kawah Gunung Dempo

Dalam video itu juga tergambar jelas bagaimana gelombang luapan erupsi asap putih tebal yang membubung tinggi ke udara.

BACA JUGA:PVMBG Naikkan Status Gunung Api Dempo level 2

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kota Pagaralam, Megian Nugraha menyebut semburan erupsi GAD dari kawah Merapi Dempo itu terjadi sekira pukul 09.00 WIB.

Menurut Megian, erupsi freatik bisa terjadi secara tiba-tiba tanpa diketahui oleh gejala peningkatan yang jelas. 

Radius terdampak material jatuhan bisa mencapai 1 Km dari kawah, serta aliran lumpur ke arah 2 Km sektor utara searah bukaan kawah.

"Hasil pemantauan visual dan kegempaan menunjukkan adanya kenaikan aktivitas dan dinilai tingkat aktivitas Gunung Dempo dinaikkan dari normal (Level I) menjadi waspada (Level II), terhitung sejak tanggal 7 Januari 2022 pukul 10.00 WIB," jelasnya.

BACA JUGA:Gunung Dempo Erupsi Setinggi 2 Kilometer, Masyarakat dan Pendaki Dimbau Tidak Panik

Dalam tingkat aktivitas Waspada (level II) tambah Megian, masyarakat/pengunjung atau wisatawan pendaki tidak diperbolehkan beraktivitas dan mendekati area dalam radius 1 Km dari kawah serta arah bukaan kawah sejauh 2 Km ke sektor utara.

"Sejauh ini untuk status GAD masih dalam level Waspada. Jadi kalau ada erupsi itu bisa dikategorikan hal lumrah. Asal tetap mematuhi rekomendasi, kita mengimbau kepada para pendaki yang ingin muncak ke Gunung Api Dempo agar meningkatkan kewaspadaan," imbuhnya. (ald)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: