38 Perahu Hias dan 7 Bidar Tradisional Bersaing, Warga Palembang Padati Pelataran Benteng Kuto Besak

38 Perahu Hias dan 7 Bidar Tradisional Bersaing, Warga Palembang Padati Pelataran Benteng Kuto Besak

Suasana di perairan Sungai Musi, tempat berlangsungnyaomba Bidar Tradisional dan Parade Perahu Motor Hias, Minggu, 20 Agustus 2023.-Naba Anwar-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sebanyak 45 tim mengikuti Lomba Bidar Tradisional dan Parade Perahu Motor Hias, memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, di Sungai Musi, Palembang, Sumsel, Minggu, 20 Agustus 2023.

Untuk Lomba Bidar Tradisional diikuti 7 tim dan Parade Perahu Motor Hias diikuti 38 tim. Lomba mengambil start dari eks Pelabuhan 35 Ilir berakhir dari Plaza Benteng Kuto Besak Palembang.

Ketua Pelaksana Event Lomba Bidar Tradisional dan Parade Perahu Motor Hias, Khairul Anwar mengatakan lomba bidar dan perahu hias diikuti oleh 45 peserta. 

"Tadinya lomba bidar terdaftar 8 peserta. Tapi 1 peserta mengundurkan diri. Untuk lomba perahu hias tadinya terdaftar 35 namun pagi tadi nambah 3 jadi 38 pesera. Ini menunjukan antusias peserta," ungkapnya kepada SUMEKS.CO.

Lanjut Khariul Anwar menuturkan, Lomba Bidar Tradisional dan Parade Perahu Motor Hias telah dimulai pukul 09.00 WIB tadi.

BACA JUGA:Lomba Bidar Tradisional dan Perahu Motor Hias Sungai Musi, Palembang, Digelar 20 Agustus 2023

"Dari pagi hingga siang melangsungkan babak penyisihan hingga semifinal untuk bidar. Perahu hias mulai dinilai sejak pagi juga hingga siang. Untuk final direncanakan pukul 14.00 WIB nanti ada acara seremonial lagi. Langsung final 3 besar bidar dan penampilan parade perahu hias  untuk yang juara 1 sampai 3," tuturnya. 

Kendati demikian Khairul Anwar menyebutkan kriteria penilaian lomba bidar ntara lain kecepatan waktu tempuh dan disiplin. 

"Jurinya independen bukan dari Pemerintahan. Untuk lomba Bidar, dewan juri berasal dari 8 orang Jasrek Lanal dan 1 orang Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Sumsel," ucapnya. 

Untuk juri Lomba Parade Perahu Hias dari Budayawan, Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), Sejarahwan, Seniman dan Akademisi. 

BACA JUGA:Asal Usul Lomba Bidar, Bermula dari Persaingan Dua Pangeran Palembang Memperebutkan Gadis Idaman

Kriteria penilaian antara lain dekorasi hiasan perahu, dekorasi hiasan hidup penampilan dan atraksi dalam perjalanan serta kriteria tambahan berupa faktor pendukung. 

"Kita gunakan juri independen Ini untuk mengantisipais adanya kecurangan, jadi kami jamin ini tidak bakal ada kecurangan," tukasnya. 

Sementara, ribuan masyarakat memadati Plaza BKB Palembang sejak pukul 9.00 hingga siang hari terus berdatangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: