Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah Resmikan PLTS 38 KWP Aliri 35 Hektar Sawah

Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah Resmikan PLTS 38 KWP Aliri 35 Hektar Sawah

PERESMIAN : Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah SH LLM LLM PhD bersama Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PT BA Suherman meresmikan PLTS Irigasi di Desa Karang Raja.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Sawah di Desa Karang Raja, Kecamatan Muara Enim, kini bisa panen tiga kali dalam setahun setelah diresmikannya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Irigasi.

Sebab, PLTS irigasi tersebut mampu mengaliri sawah seluas 35 hektar di Desa Karang Raja. 

PLTS Irigasi tersebut merupakan bantuan dari PT Bukit Asam untuk meningkatkan produktivitas pangan di Desa Karang Raja.

PLTS Irigasi tersebut diresmikan langsung oleh Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah SH LLM LLM PhD bersama Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PT BA Suherman, Kamis 17 Agustus 2023.

BACA JUGA:Barakallah, Hafal 30 Juz Alquran, 4 Santri Asal Banyuasin, Sumsel Raih Beasiswa Universitas Al-Azhar Kairo

Direktur SDM PTBA Suherman, mengatakan bahwa bantuan PLTS ini merupakan bentuk komitmen perusahaan kepada masyarakat nya di ring 1 yakni di Desa Karang Raja.

"Ini (PLTS) memberikan manfaat dalam membantu mensejahterakan masyarakat setempat  dan menciptakan kehidupan yang lebih baik," ujarnya. 

PLTS Irigasi ini merupakan yang ke enam dibangun oleh PTBA. Dimana saat ini juga sedang membangun PLTS di Desa Muara Lawai.

"Untuk di Desa Karang Raja ini dibangun sejak september 2022 dan selesai pada februari 2023. Dimana kapasitasnya 38 Kilo Watt Peak (KWP) dengan luas panel 132 M²," terangnya. 

BACA JUGA:Kakanwil Kemenkumham Menghadiri Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Griya Agung

Dengan kapasitas itu, lanjutnya, bisa mengaliri seluas 35 hektar sawah, dengan begitu masyarakat khususnya petani tidak harus ketergantungan dengan cuaca.

"Dengan adanya suplay air dari pompa, maka potensi peningkatan produksi bisa 175 ton gabah kering pertahun, karena bisa panen 2-3 kali dalam setahun," bebernya. 

Dirinya berpesan, agar bantuan yang sudah diberikan bisa dijaga dam dirawat sebaik mungkin agar bisa terus produktif membantu pertanian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: