Kontribusi Sektor Pariwisata ke PAD Sumsel Catat Angka yang Fantastis

Kontribusi Sektor Pariwisata ke PAD Sumsel Catat Angka yang Fantastis

Herlan Aspipudin --dok : sumeks.co

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sektor pariwisata telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melalui sektor pajak. 

Ketua Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Sumsel, Herlan Aspiudin, mengatakan tahun lalu, kontribusinya sebesar Rp280 miliar.

"Pada tahun lalu, sektor ini berhasil berkontribusi sebesar Rp280 miliar terhadap PAD," jelas Herlan Aspiudin, dikutip dari sumateraekspres.id, Selasa, 15 Agustus 2023.

Lanjut Herlan Aspiudin menuturkan bahwa pentingnya kontribusi ini mendorong mereka untuk mendukung upaya percepatan pembangunan pariwisata

BACA JUGA:Herman Deru Beri Apresiasi Penganugerahan Pesona Desa Wisata Sumsel, Ide Brilian Sumeks

"Saat ini, sektor pariwisata melibatkan lebih dari objek wisata saja, termasuk hotel, restoran, tour and travel, serta sarana penunjang lainnya," tuturnya. 

Herlan juga mencatat bahwa banyak wisatawan, terutama dari luar kota atau daerah, datang untuk berwisata religi di tempat-tempat seperti Masjid Agung, Masjid Ceng Ho, Al-Quran Al-Akbar di Gandus, dan Masjid Kiai Marogan.

Selain itu, Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) menginisiasi health tourism. Melihat banyaknya warga lokal yang memilih berobat ke luar negeri.

"Padahal fasilitas pengobatan di Indonesia, khususnya Sumsel, sangat baik dan hanya perlu peningkatan dalam pelayanannya," katanya.

BACA JUGA:Bangunan Museum Tekstil Sumsel Dulu Digunakan Sebagai Kantor Gubernur Pemerintahan Hindia Belanda

Potensi Sumsel yang besar didukung oleh posisi strategisnya diharapkan bisa membuatnya menjadi penyambung pariwisata di Kepulauan Sumatera, sejajar dengan kota Medan. 

Akses yang semakin baik, terutama dengan adanya jalan tol, serta fokus pemerintah dalam pembangunan infrastruktur, merupakan dukungan penting untuk mencapai tujuan ini.

"Berbagai potensi wisata ada di Sumsel, terutama di Palembang yang memiliki hampir 80 titik wisata, meskipun wisata religi masih mendominasi," tambahnya. 

Wisata alam yang ada seperti air terjun dapat dinikmati di daerah Pagaralam, OKU Selatan, dan Lahat, yang dikenal sebagai Kota 1.000 air terjun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: