Peringati Hari Gerak Pramuka Ke-62, 118 Regu Adu Ketangkasan Gerak Jalan

Peringati Hari Gerak Pramuka Ke-62, 118 Regu Adu Ketangkasan Gerak Jalan

PELEPASAN : Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmari Kaffah secara resmi melepas peserta Lomba Gerak Jalan Pramuka.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Dalam rangka memperingati Hari Gerak Pramuka ke-62 dan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-78 di Kabupaten Muara Enim, sebanyak 118 regu adu ketangkasan gerak jalan pramuka.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim Ahmad Usmari Kaffah secara resmi melepas peserta Lomba Gerak Jalan Pramuka, di Halaman Kantor Bupati Muara Enim, Kamis 10 Agustus 2023.

Kegiatan itu dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Ketua TPPKK, Kapolres Muara Enim, Dandim 0404, Ketua Pengadilan Negeri Muara Enim, Kepala Kantor Kementerian Agama Muara Enim, Kajari, para Kepala OPD, para wakil Ketua dan Anggota Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Muara Enim.

Wakil Ketua Bina Muda RTM Situmorang, menyampaikan lomba gerak jalan pramuka salah satu nilai Satya dan Darma Pramuka dalam membentuk karakter generasi muda.

BACA JUGA:Buat SIM Motor Lebih Cepat, Uji Lintasan Praktik Lebih Mudah

Pengetahuan dan pengalaman anggota Pramuka dijadikan sebagai tonggak yang akan membimbing mereka menuju masa depan yang cerah. 

"Lebih dari sekadar ajang kompetisi, acara ini dianggap sebagai wahana berharga untuk merajut persaudaraan sejati dan mengasah kualitas sumber daya manusia Pramuka," ujarnya.

Lanjut pria yang menjabat sebagai Kasi Humas Polres Muara Enim ini, para peserta lomba gerak jalan pramuka tersebut terdiri dari anggota pramuka yang bersemangat dari gugus depan wilayah Kabupaten Muara Enim, mengukir prestasi luar biasa. 

Mereka terbagi dalam tiga tingkat Siaga (SD,MI) Sederajat Putra 22 Barung Putri 25 Barung Jumlah 47 Barung, Tingkat Penggalang (SMP,MTs) sederajat Putra 19 Regu Putri 22 Regu Jumlah 41 Regu, Tingkat Penegak (SMA, SMK, MA) sederajat Putra 14 sangga Putri 16 sangga jumlah 30 sangga. Jumlah seluruhnya 118 regu atau tim peserta yang dipenuhi semangat kompetisi sehat, sembari mengejar kreativitas, keterampilan, dan inovasi yang tak terbatas.

BACA JUGA:Sopir Bus Terjun ke Jurang Guci Bebas Murni, Keluarga Korban Memaafkan Kasus Selesai Lewat Restorative Justice

Sementara itu, Plt Bupati Muara Enim Ahmad Usmarwi Kaffah memberikan pesan kepada semua peserta bahwa gerak jalan  tidak hanya sebagai ajang perlombaan.

"Bahwa Gerakan Pramuka bukan sekadar aktivitas rutin. Melainkan bekal yang tak ternilai untuk membangun disiplin, kekuatan mental dan intelektual,"tegasnya.

Kaffah berpesan bahwa kepatuhan pada guru dan orang tua adalah dasar utama dalam menggali nilai disiplin yang akan membimbing mereka menuju keberhasilan di dunia dan akhirat.

"Keamanan peserta di perjalanan menjadi perhatian utama, dengan peringatan khusus kepada pimpinan regu, guru, dan peserta untuk menjaga keselamatan mereka,"kata kaffah.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: