Melihat Penjualan Kuliner Khas Memeriahkan HUT Kemerdekaan RI di Kota Palembang

Melihat Penjualan Kuliner Khas Memeriahkan HUT Kemerdekaan RI di Kota Palembang

Telok ukan, makanan khas Palembang yang ikut meramaikan HUT Kemerdekaan RI di Kota Palembang.-Indra-

SUMEKS.CO - Menjelang perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, Kota Palembang tidak hanya dimeriahkan dengan atribut seperti bendera merah putih dan umbul-umbul.

Ada beberapa kuliner khas yang sejak dulu hanya dijual menjelang HUT Kemerdekaan RI. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pedagang makanan ikonik ini kini bermunculan.  

Makanan khas Palembang tersebut yakni telok ukan, telok pindang dan ketan sepit. Salah satu lokasi penjualannya,  disepanjang  bahu Jalan Merdeka, Kota Palembang.

Umak Beti, salah satu pedagang yang membuka lapak di depan Kantor Walikota Palembang, mengaku sudah 30 tahun berjualan kuliner khas 17 Agustus ini.

BACA JUGA:MERIAH! Menjelang HUT Kemerdekaan RI Jalan Merdeka Palembang Ramai Penjual Telok Abang

“Saya ini sudah dari gadis dan sekarang sudah 13 cucu, tetap setia menjual aneka makan khas Palembang ini,” kata Umak Beti, saat ditemui SUMEKS.CO, Kamis, 10 Agustus 2023.


Ketan sepit-Indra-

Selain telok ukan, Umak Beti, juga menjual beberapa makanan khas Palembang lainnya, seperti telok pindang, dan ketan sepit.

Untuk harga, makanan yang dijualnya, Umak Beti, menetapkan satu harga, yakni Rp5.000. Mulai dari telok ukan, telok pindang dan ketan sepit. 

BACA JUGA:Cara Membuat Telok Ukan dan Telok Abang yang Hanya Ada Saat Agustusan

Umak Beti bisa mendapatkan penghasilan hingga Rp300 ribuan per hari dari berjualan makanan khas Palembang ini. 

 “Untuk telor ukan saya ambil dengan orang karena pembuatannya ribet, namun untuk telur pindang dan ketat sepit buat sendiri,” jelasnya.

Umak Beti, menuturkan nama telok ukan sendiri  merupakan penyebutan lain dari kata telur bukan atau dalam bahasa Indonesia berarti telur atau bukan.

Berasal dari kata telur bukan, lama kelamaan jadi disebut telok ukan. Dari tampilan luarnya, telok ukan memang terbilang unik, terdapat penutup di atas cangkang telur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: