5 Anak di Prabumulih Diduga Terjangkit DBD, Warga Resah Dinkes Tak Kunjung Bertindak

5 Anak di Prabumulih Diduga Terjangkit DBD, Warga Resah Dinkes Tak Kunjung Bertindak

Ilustrasi nyamuk penyebab penyakit demam berdarah dengue (DBD). Foto: Antara/HO/jpnn--

BACA JUGA:Waspada, DBD Mulai Mewabah di Kota Prabumulih, DPRD Minta Dinkes Sosialisasi dan Upayakan Pencegahan

Menanggapi itu Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Prabumulih, dr Hesti Widianingsih mengatakan pihaknya harus mengkroscek terlebih dahulu ke masyarakat dan ke dokter rumah sakit yang menangani. 

"Karena kan aktivitas masyarakat kita ke Palembang sangat tinggi, mungkin tergigit di Palembang bawa virus ke Prabumulih. Kalau memang ditemukan dan ter-info dari dokter yang merawat di rumah sakit dan keluar laporan resmi rumah sakit DBD, maka itu yang dibutuhkan kawan-kawan di Puskesmas," ujarnya.

Hesti menjelaskan petugas puskesmas akan melakukan tindak lanjut dengan penyelidikan epidemiologi (PE) dengan mengunjungi rumah warga terjangkit atau pasien serta 10 rumah di sekeliling. 

"Selanjutnya dilakukan penanganan berupa fogging, pembagian bubuk Abate dan penanganan lainnya," tuturnya.

BACA JUGA:DBD Serang Sematang Borang, Wawako Palembang Minta Fogging Dilakukan di Seluruh Kecamatan

Disinggung terkait penanganan yang terkesan lamban, Hesti mengaku pihaknya akan menyelidiki apakah kendala putus info dari petugas puskesmas atau dari pemerintahan yang disampaikan warga. 

"Ini tentu akan menjadi catatan kami karena puskesmas dan kelurahan tak perlu malu adanya kasus ini karena ini perlu penanggulangan, tentu ini akan kita sampaikan agar penanganan bisa segera dilakukan," tukasnya. (chy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: