Azan 2 Kali Salat Jumat Disebut Bid'ah, Ustad Adi Hidayat Beri Jawaban Menohok: Antum Siapa, Sahabat Nabi?

Azan 2 Kali Salat Jumat Disebut Bid'ah, Ustad Adi Hidayat Beri Jawaban Menohok: Antum Siapa, Sahabat Nabi?

Ustad Adi Hidayat beri jawaban terhadap kelompok yang membid'ahkan Azan 2 Kali saat Salat Jumat.--

Azan 2 Kali Salat Jumat Disebut Bid'ah, Ustad Adi Hidayat Beri Jawaban Menohok: Antum Siapa, Sahabat Nabi?

SUMEKS.CO - Cerdas, jawaban menohok Ustad Adi Hidayat kepada kelompok yang sering membid'ahkan masjid, saat mengumandangkan azan sebanyak dua kali dalam pelaksanaan Salat Jumat.

Pelaksanaan ibadah salat Jumat yang setiap minggunya digelar diseluruh masjid memiliki aturan berbeda-beda tentang pelaksanaannya.

Beberapa masjid memakai azan satu kali, dan tak sedikit pula yang mengumandangkan sebanyak dua kali dalam pelaksanaan salat Jumat.

BACA JUGA:Pandangan Buya Yahya Terhadap Surat Al-Fatihah yang Dianggap Bid'ah: Surat Paling Mulia dan Ampuh Pengabul Doa

Adapun masjid yang mengumandangkan azan dua kali bertujuan, untuk membedakan panggilan masuknya waktu dzuhur, dan Jumat.

Kendati demikian, ada beberapa kelompok menganggap bahwa, masjid yang mengumandangkan azan sebanyak dua kali merupakan perbuatan Bid'ah atau sesat.

Hal demikian lantaran kelompok tersebut berpendapat, saat zaman Rasulullah SAW pelaksanaan salat Jumat digelar dengan satu kali azan.

Merespon hal itu, Ustad Adi Hidayat turut angkat bicara. Menurutnya, azan dua kali yang dikumandangkan saat pelaksanaan salat Jumat sudah dilakukan sejak masa kepemimpinan sahabat Nabi SAW yakni, Usman bin Affan Radiallah huanhu.

BACA JUGA:Disebut Bid'ah, Buya Yahya Ungkap Anjuran Membaca Surat Al-Fatihah Berdasarkan Riwayat Hadits Muslim

"Azan dua kali sudah ada sejak zaman Usman bin Affan. Dan beliau adalah menantunya Nabi SAW," jelas Ustad Adi Hidayat.

Selain itu, Ustad Adi Hidayat menuturkan, Usman bin Affan merupakan sahabat nabi yang sudah dijanjikan masuk surga.

Usman bin Affan sahabat nabi yang terkenal ketaqwaannya kepada Allah SWT.  Bahkan, Malaikat Jibril pun malu saat melihat Usman bin Affan.

"Gimana bisa ahli surga melakukan perbuatan Bid'ah?," kata Ustad Adi Hidayat.

BACA JUGA:Santuy, Sheikh Assim Ingatkan Bid'ah Membaca Al-Fatihah, Bukan Ajaran Islam?

Kemudian, Ustad Adi Hidayat pun menyindir kelompok yang sering mengatakan masjid yang mengumandangkan azan dua kali saat pelaksanaan salat Jumat Bid'ah.

Ustad Adi Hidayat menilai, kelompok tersebut sangat tidak pantas melontarkan kata Bid'ah. Terlebih, yang dibid'ahkan itu sesama saudara muslim.

Mengingat, orang yang pertama kali menggelar azan dua kali saat salat Jum'at adalah Usman bin Affan, dengan tujuan untuk membedakan panggilan masuknya waktu dzuhur, dan Jumat.

"Antum siapa? Sahabat nabi bukan? Menantu nabi juga bukan? Dan ketaqwaannya juga tak melebihi sahabat nabi," cetus Ustad Adi Hidayat. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: