Rayakan 10 Muharram, SDN 6 Prabumulih Santuni Anak Yatim

Rayakan 10 Muharram, SDN 6 Prabumulih Santuni Anak Yatim

Pemberian santunan kepada anak yatim. --

PRABUMULIH, SUMEKS.CO - Sekolah Dasar Negeri 6 Prabumulih merayakan hari 10 Muharram tahun ini. 

Yakni diisi dengan kegiatan ceramah dan juga menyantuni anak yatim yang ada di sekolah tersebut. Kegiatan tersebut disambut anak anak sekolah berserta para guru dengan antusias. 

Dalam ceramah agama pada perayaan 10 Muharram, ketua Ikadi Kota Prabumulih, Mohamad Mufid MPdI, menyampaikan tausiyahnya mengenai keutamaan memuliakan anak yatim.

Dikatakan, hari Asyura tepat pada 10 Muharam dalam setial tahun ini, maka sebagai hari Idul Yatama, atau hari rayanya para anak yatim. Karena pada hari ini anak yatim waktunya bersenang-senang. 

BACA JUGA:Mantap! Anggota Pramuka Kwarcab Pagaralam Lolos Seleksi Petugas Nasional

"Yaitu banyak yang sayang dan banyak yang memberikan santunan," ucapnya. 

Dimana hari 10 Muharram ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengusap kepala anak yatim, untuk membahagiakan mereka sekaligus memberikan tali asih pada hari Idul Yatama. Hal ini juga sesuai dengan hadis. 

"Siapa orang yang mengusap kepala anak yatim (menyantuni/menyayangi) pada hari Asyura (10 Muharram), maka Allah akan angkat derajatnya sebanyak rambut anak yatim tersebut yang terusap oleh tangannya. Ini Hadits ke 212 dari kitab Tanbih al-Ghafilin," terangnya, dikutip prabumulihpos.bacakoran.co, Sabtu 29 Juli 2023.

Kepala SDN 6 Prabumulih, Rohandoyo SPdI mengatakan, pada perayaan 10 Muharram ini pihak sekolah memberikan sedikit santunan sebagai bentuk kepedulian terhadap anak yatim yang ada di sekolah.

"Semoga bisa bermanfaat dan mereka berbahagia. Karena anak yatim yang belum baligh adalah anak yang harus diperhatikan,” tandasnya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: