Mengenal Kompos dan Cara Pengaplikasiannya untuk Meningkatkan Kesuburan Tanah

Mengenal Kompos dan Cara Pengaplikasiannya untuk Meningkatkan Kesuburan Tanah

Pupuk kompos salah satu cara untuk menjaga kesuburan tanaman.-Naba Anwar-

Mengenal Kompos dan Cara Pengaplikasiannya untuk Meningkatkan Kesuburan Tanah

PALEMBANG, SUMEKS.CO – Pemupukan merupakan salah satu cara untuk menjaga kesuburan tanaman. Bisa menggunakan pupuk kimia atau organik.

Untuk pupuk organik, pilihan yang banyak diaplikasi pupuk kompos yang kaya akan nutrisi dan dapat digunakan untuk meningkatkan kesuburan tanah secara alami. 

Secara pengertiannya, kompos adalah hasil dari proses penguraian bahan-bahan organik, seperti sisa-sisa dapur (sisa makanan), dedaunan, jerami, dan kotoran hewan. 

BACA JUGA:Coba Tips Berikut, Dijamin Koleksi Tanaman Hias Tambah Cantik

Proses ini disebut dengan dekomposisi, yang melibatkan aktivitas mikroorganisme seperti bakteri, jamur, dan serangga tanah. 

Proses dekomposisi ini mengubah bahan organik menjadi senyawa-senyawa sederhana yang dapat dengan mudah diserap oleh tanaman.

Berikut manfaat kompos bagi tanah sebagai pupuk organik memberikan sejumlah manfaat yang signifikan bagi tanah dan pertumbuhan tanaman, di antaranya sebagai berikut :

1. Menambah kesuburan tanah

BACA JUGA:Rekomendasi Jenis Pupuk Terbaik Agar Tanaman Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat

Kompos mengandung banyak unsur hara penting seperti nitrogen, fosfor, kalium, dan mikronutrien yang dibutuhkan oleh tanaman untuk pertumbuhan yang sehat. 

Penggunaan kompos secara teratur dapat meningkatkan kesuburan tanah dan meningkatkan hasil panen.

2. Meningkatkan struktur tanah

Kompos memiliki sifat yang menggemburkan tanah, memperbaiki struktur tanah berpasir, serta membantu tanah berlempung menjadi lebih gembur dan mudah diolah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: