Gamelan Mini Khas Cirebon Diburu Anak-Anak di Sanga Desa Muba

Gamelan Mini Khas Cirebon Diburu Anak-Anak di Sanga Desa Muba

Anak-anak di Ngulak, Kecamatan Sanga Desa tengah gemar memainkan alat musik mainan bernama Gamelan Mini. Foto: dokumen/harian muba--

Gamelan Mini Khas Cirebon Diburu Anak-Anak di Sanga Desa Muba

SANGA DESA, SUMEKS.CO - Beberapa hari terakhir anak-anak di wilayah Kecamatan Sanga Desa khususnya daerah Ngulak tengah gemar memainkan alat musik mainan bernama Gamelan Mini. 

Mainan tersebut rupanya dibawa oleh para pedagang yang berasal dari daerah Cirebon Jawa Barat.

Harganya yang cukup murah dan bersahabat di kantong, membuat souvenir khas daerah Cirebon ini cukup digemari oleh anak-anak di wilayah Kecamatan Sanga Desa.

"Untuk harganya sendiri itu tergantung dengan ukuran, Gamelan Mini kecil itu harganya Rp 20 ribu per buah, ukuran sedang Rp 50 ribu per buah, dan untuk ukuran besar itu dijual dengan harga Rp 125 ribu per buah," kata salah seorang penjual Gamelan Mini Iman (39), Selasa 11 Juli 2023. 

BACA JUGA:Sambut Idul Adha, Mushala Al Ansor Kecamatan Sanga Desa, Muba, Sumsel Dipercantik

Iman mengatakan, alasan mainan alat musik Gamelan mini diminati anak-anak karena cara memainkannya terbilang cukup mudah.

"Mainnya cukup dengan cara dipukul-pukul menggunakan alat yang sudah disediakan. Selain itu juga anak-anak bisa memainkannya dengan melihat catatan not lagu yang kita berikan saat membeli," ujar Iman. 

Lanjut Iman, mainan edukatif Gamelan Mini yang dijual oleh dirinya bersama dengan puluhan rekan-rekannya ini juga dibuat menggunakan bahan-bahan daur ulang.

"Untuk besinya ini kita gunakan potongan besi drum tua, selain itu kayu yang kita gunakan ini merupakan potongan-potongan kayu bekas yang kita olah kembali," ungkap Iman. 

BACA JUGA:Polsek Sanga Desa Datangi Lokasi Illegal Drilling dan Illegal Refinery

Sementara itu, salah satu masyarakat Kelurahan Ngulak I, Yuni (32) menambahkan, tertarik membeli Gamelan Mini karena mainan ini bisa menjadi sarana belajar bagi anaknya.

"Bisa jadi sarana anak-anak belajar alat musik dan mengenal not angka, sehingga jika nanti ada pelajaran kesenian di sekolah anak-anak sudah cukup mahir," jelas Yuni.(*) 

Berita ini tayang di harianmuba.com dengan judul Mainan Ini Laris Manis di Kalangan Anak Anak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: