Lampaui Target Nasional, Angka Penurunan Stunting di Prabumulih

Lampaui Target Nasional, Angka Penurunan Stunting di Prabumulih

Ketua Tim Penilaian lomba Posyandu berprestasi dan lomba PHBS tingkat Provinsi Sumsel, Dedi Irawan. Foto: Dian/sumeks.co--

Lampaui Target Nasional, Angka Penurunan Stunting di Prabumulih

PRABUMULIH, SUMEKS.CO - Angka penurunan stunting di kota Prabumulih melebihi target nasional. 

Hal itu diungkap Ketua Tim Penilaian lomba Posyandu berprestasi dan lomba PHBS tingkat Provinsi Sumsel, Dedi Irawan dibincangi di Guest House Rumah Dinas Walikota Prabumulih, Senin 10 Juli 2023.

"Prabumulih di tahun 2022 sudah 12 persen sedangkan target Nasional 14 persen. Artinya sudah melebihi target Nasional dan sudah bagus," ujar Dedi.

Dilanjutkan pria yang juga menjabat sebagai Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel itu, saat ini pihaknya tengah mengadakan lomba PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dan Posyandu dimana salah-satu tujuannya mencegah stunting. 

BACA JUGA:Tak Hanya Fisik, Mental Anak Juga Harus Diperhatikan dalam Mencegah Stunting

"Lomba ini sudah kita lakukan sejak awal Juni hingga 20 Juli mendatang, Prabumulih ini sudah merupakan tempat ke 10 yang kita datangi," bebernya.

Hasil peninjauan di lapangan, memang ada wilayah yang sudah bagus tapi ada pula yang agak rendah sehingga bisa memicu daerah lain aktif ikut kegiatan ini.

Terpisah, ketua PKK Kota Prabumulih, Ir Suryanti Ngesti Rahayu Ridho mengungkapkan, Posyandu dan PHBS merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh pihaknya, ada atau tidak adanya lomba. 

"Untuk penilaian hari ini, kita ada di Kecamatan Gunung Ibul yakni di kelurahan Tugu Kecil dan Gunung Ibul Barat," terangnya.

BACA JUGA:Wapres: Angka Stunting Harus Turun Jadi 14 Persen pada Tahun 2024

Lomba ini, kata dia, hanya mencari siapa pemenangnya namun Prabumulih sudah biasa dan sudah masuk kegiatan rutin. 

"Jadi bukan mau dipersiapkan benar tapi memang sudah kegiatan rutin dalam kehidupan sehari-hari. Namun pengennya kita juara 1 dan Nasional," tukasnya mengaku setiap yang mengikuti perlombaan pasti mempunyai target. (chy)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: