1 Jemaah Tertunda Kepulangan, Jemaah Haji Kloter 2 Debarkasi Palembang Tiba di Tanah Air

1 Jemaah Tertunda Kepulangan, Jemaah Haji Kloter 2 Debarkasi Palembang Tiba di Tanah Air

Jemaah haji asal Debarkasi Palembang saat tiba setelah diterbangkan dari tanah suci, Mekkah.--dok : sumeks.co

1 Jemaah Tertunda Kepulangan, Jemaah Haji Kloter 2 Debarkasi Palembang Tiba di Tanah Air

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Jemaah haji kloter 2 Debarkasi Palembang, telah tiba di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, pada Sabtu, 8 Juli 2023 pukul 02.24 WIB.

Namun 1 jemaah haji terpaksa ditunda kepulangannya, karena sakit.

Jemaah yang tertunda kepulangan atas nama Ronisa Ajat Bahrin asal Kota Prabumulih. Saat ini  masih dalam perawatan di Rumah Sakit King Faisal, Mekkah.

Kloter 2 terdiri dari jemaah Kelompok Bimbingan Ibadah Haji 135 orang, asal Kota Prabumulih dan PHD 220 jemaah, serta 5 petugas.

BACA JUGA:Alhamdulillah, Jemaah Haji Sumsel Kloter 1 Tiba dengan Selamat di Palembang, Langsung Sujud Syukur

H Mukmin Mukri, ketua Kloter 2 menyebutkan, saat keberangkatan ke tanah suci jumlah jemaah yang berangkat 359 orang karena satu jemaah atas nama Kertila, tetunda keberangkatan dan berangkat bersama kloter 6.

Setiba di tanah suci Kertila, kembali bergabung bersama kloter 2 dan total jemaah lengkap menjadi 360 orang jemaah. Namun saat kepulangan satu jemaah atas nama Ronisa Ajat, belum dapat bergabung karena dinyatakan sakit.

"Kesehatan Ronisa menurun setelah menjalani fase Armuzna. Semoga Ronisa dapat pulang ke Palembang dalam waktu dekat," jelasnya.

Sementara, H Armet Dachil, kepala Bidang (Kabid), Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kementerian Agama (KaKamenag) Sumsel mengungkapan, dengan kepulangan kloter 2  secara total 716 jemaah telah tiba di tanah air. Rinciannya 706 jemaah dan 10 petugas kloter.

BACA JUGA:Total 23 Jemaah Haji Debarkasi Palembang Meninggal Duni, Tertinggi Kedua di Ragional Sumatera

"Dengan kepulangan jemaah kloter 2 ke Indonesia, saya ucapkan selamat semoga menjadi haji yang mabrur dan mabruroh," ujarnya.

Terkait jumlah jemaah haji Debarkasi Palembang  yang saat ini telah meninggal berjumlah 23 orang dengan rincian 19 jemaah Sumsel dan 4 jemaah Bangka Belitung, dirinya berharap seluruh jemaah untuk tetap menjaga kondisi fisik.

"Setelah melaksanakan Armuzna (Arafah, Muzdalifah dan Min) konfisi fisik seluruh jemaah banyak mengalami kelelahan, saya berharap jemaah tetap dapat melaksanakan aktifitas selama proses kepulangan," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: