CEK FAKTA! Pemimpin NII dan Ponpes Al Zaytun Orang yang Sama yakni Panji Gumilang?

CEK FAKTA! Pemimpin NII dan Ponpes Al Zaytun Orang yang Sama yakni Panji Gumilang?

Sukanto menjelaskan siapa Panji Gumilang sebenar di salah satu acara di stasiun TV Nasional.-Foto Tangkapan Layar-

CEK FAKTA! Pemimpin NII dan Ponpes Al Zaytun Orang yang Sama yakni Panji Gumilang?

 

SUMEKS.CO - Siapa sosok Panji Gumilang dibongkar abis peneliti Negara Islam Indonesia (NII) dan Al Zaytun, Sukanto. Pemimpin NII dan Ponpes Al Zaytun satu orang atau orang yang sama, yakni Panji Gumilang. 

 

"Memang framingnya tidak bisa semata-mata hanya perkataan Panji Gumilang di media. Harus dilihat secara mendasar dan secara umum, ini ada kaitan jelas antara dirinya (Panji Gumilang) sebagai pemimpin pesantren dan Panji Gumilang sebagai pemimpin NII," tegas Sukanto, saat menjadi narasumber salah satu program televisi swasta nasional. 

 

Sebagai bukti apa yang disampaikannya itu, Sukanto mengungkapkan, hasil penelitian MUI yang dikuatkan oleh Litbang Departemen Agama tahun 2002. Hasilnya adalah ajaran NII itu menyimpang. 

 

BACA JUGA:Helmi Hidayat Sia-Sia Bela Panji Gumilang, Warganet: Justru Perlihatkan Kebodohannya

 

Lantas hubungan NII dengan Ma'had Al Zaytun, NII era Kartosuwiryo selesai tahun 62 diteruskan sampai Panji Gumilang. Ia pimpinan memiliki program-programnya, salah satunya adalah pembentukan Ma'had Al Zaitun. 

 

"Secara kepemimpinan, pemimpin NII yang bernama Abu Ma'arik alias Samsul Alam alias Abdussalam Panji Gumilang adalah mudir Ma'had Al Zaytun pemimpin Yayasan Pesantren Indonesia tahun 2005 dan pendirinya," ungkapnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: