250 Personel Gabungan Amankan Pilkades Serentak 17 Desa di PALI

250 Personel Gabungan Amankan Pilkades Serentak 17 Desa di PALI

Ratusan personel gabungan amankan Pilkades serentak di 17 Desa Kabupaten PALI. Foto: Heru/sumeks.co--

250 Personel Gabungan Amankan Pilkades Serentak 17 Desa di PALI

PALI, SUMEKS.CO - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang digelar serentak di 17 Desa berjalan sesuai rencana, Rabu 5 Juli 2023 dimulai sejak pukul 07.00 WIB.

Pada pelaksanaan Pilkades, Wakil Bupati PALI Drs H Soemarjono turun langsung untuk memantau jalannya pemungutan suara guna memastikan prosesnya berjalan aman dan lancar. 

Monitoring pelaksanaan Pilkades serentak itu, Wabup didampingi Asisten I H Andre dan Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) PALI Hj Emilia serta sejumlah kepala OPD lainnya.

Saat monitoring pelaksanaan Pilkades serentak di Desa Simpang Tais, Kecamatan Talang Ubi, Wabup berpesan kepada masyarakat yang melaksanakan gelaran 6 tahunan itu agar tetap menjaga persatuan. 

BACA JUGA:Deteksi Dini, Sambut Pelaksanaan Pilkades Serentak di 17 Desa Kabupaten PALI

"Tentu kami pesankan agar situasi kondusif sejak awal tahapan Pilkades tetap terpelihara, juga jaga persatuan jangan terpengaruh karena beda pilihan, karena beda pilihan itu adalah wajar dalam demokrasi," pesannya.

Diakuinya, bahwa selama monitoring itu masyarakat semakin cerdas dalam berdemokrasi, karena tidak ditemukan atau menimbulkan hal-hal yang menyebabkan terjadinya gesekan. 

"Saat ini masih aman dan kondusif sejak awal tahapan hingga hari pencoblosan. Namun demikian kami tetap memantau jalannya proses Pilkades hingga selesai," imbuhnya. 

Selain berpesan kepada masyarakat, Wabup juga menghimbau kepada para Calon Kades (Cakades) baik yang nantinya terpilih atau pun tidak agar menenangkan pendukungnya. 

BACA JUGA:Persiapan Pilkades Serentak di 17 Desa Kabupaten PALI 5 Juli Capai 99 Persen

"Dalam sebuah demokrasi ada yang terpilih dan ada yang belum. Disini tidak ada istilah kalah atau menang. Pada hasilnya nanti, semua calon untuk mengajak pendukungnya tetap tenang agar tetap terjaga lingkungan kita aman damai," harapnya.

Sementara itu, Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin SIK menyatakan, bahwa pihaknya siap mengamankan jalannya hari pemilihan. 

"Kami terjunkan 250 personel gabungan untuk mengamankan jalannya proses pencoblosan pada Pilkades serentak. Kami juga mengimbau masyarakat jaga kamtibmas dan apabila terjadi hal-hal yang dapat mengganggu kamtibmas, maka kami tak segan menindak tegas pelakunya," tegasnya. (ebi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: