Masjid Raksasa Ponpes Al Zaytun Indramayu, Konon Dirancang Bisa Bertahan Hingga 5.000 Tahun

Masjid Raksasa Ponpes Al Zaytun Indramayu, Konon Dirancang Bisa Bertahan Hingga 5.000 Tahun

Masjid raksasa milik Ponpes Al-Zaytun Indramayu ini, konon kabarnya dirancang bisa bertahan hingga 5.000 tahun mendatang--

Masjid Raksasa Ponpes Al-Zaytun Indramayu, Konon Dirancang Bisa Bertahan Hingga 5.000 Tahun

SUMEKS.CO - Pondok Pesantren Al Zaytun Indramayu saat ini menjadi perbincangan publik, lantaran pimpinannya Panji Gumilang yang selalu mengeluarkan pernyataan kontroversial. 

Ponpes Al Zaytun yang terletak di Desa Mekarjaya Kecamatan Gantar Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat ini, memiliki sebuah masjid yang luar biasa megahnya yaitu Masjid Rahmatan Lil 'Alamin. 

Dikutip dari unggahan akun TikTok @suse_chn, 27 Juni 2023 menyebutkan, bahwa masjid raksasa milik Ponpes Al Zaytun Indramayu ini, konon kabarnya dirancang bisa bertahan hingga 5.000 tahun mendatang.

BACA JUGA:Makin Kesini Ponpes Al Kafiyah Semakin Mirip Al Zaytun, Syarat Masuk Jadi Santri Bikin Warganet Geram

Masjid Rahmatan Lil 'Alamin berdiri di atas tanah 6,5 hektar, berukuran seluas 99 x 99 meter berlantai enam. Masjid raksasa dan konon katanya terbesar di dunia ini dapat menampung 150.000 jemaah.

Masjid Rahmatan Lil 'Alamin Ponpes Al Zaytun Indramayu ini dibangun dengan dana sekitar Rp 135 miliar. Peletakan batu pertama masjid ini dilakukan pada zaman R Nuriana sebagai Gubernur Jawa Barat saat itu. 

Pembangunan masjid ini boleh dibilang merupakan satu tonggak sejarah pembangunan sebuah simbol dan monumen kebesaran umat Islam di negeri ini. 

Di samping memiliki areal yang luas dengan daya tampung yang besar, Masjid Rahmatan Lil ’Alamin, juga mempunyai seni artistik yang tinggi, ditambah dengan dom atau kubah yang besar dilapisi bahan seperti emas yang maknanya agar Indonesia dapat tampil berkualitas emas.

BACA JUGA:Al Zaytun Klaim Ribuan Santri Daftar, Taufik Hidayat: Itu Anak-anak NII Sayap Teritorial Dapat Akses Mendaftar

Gaya arsitekturnya pun merupakan perpaduan menyeluruh dari semua gaya arsitektur yang ada di dunia ini. Gaya arsitektur bernilai estetika universal, yang di pesantren ini disebut sebagai gaya arsitektur Rahmatan Lil ‘Alamin.

Luas bangunan 99 x 99 meter dari Masjid Rahmatan Lil 'Alamin ini merupakan filosofi dari sifat-sifat Allah atau Asmaul Husna yang berjumlah 99. Bila diputar ke arah mana saja, angka ini tidak akan pernah berubah, bermakna selalu punya nilai yang sama yaitu 99. 

Sedangkan, filosofi enam lantai masjid adalah Arkanul Iman, rukun iman yang berjumlah enam. Keenam lantai tersebut secara keseluruhan mempunyai ketinggian 33 meter yang mempunyai filosofi jumlah tasbih, tahmid dan takbir setelah salat. Tinggi tiang masing-masing lantai lima meter, ini mempunyai filosofi Arkanul Islam, rukun Islam yang berjumlah lima.

Video unggahan berdurasi 4 menit 39 detik ini, telah ditonton sebanyak 23.600 kali, dan mendapatkan beragam komentar dari warganet yang meninggalkan pendapat mereka di kolom komentar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: