Bantah Keluarkan Fatwa Al Zaytun Sesat, MUI Bakal Keluarkan Fatwa Tentang Pernyataan Panji Gumilang

Bantah Keluarkan Fatwa Al Zaytun Sesat, MUI Bakal Keluarkan Fatwa Tentang Pernyataan Panji Gumilang

MUI Bakal Keluarkan Fatwa Tentang Pernyataan Panji Gumilang--

Bantah Keluarkan Fatwa Al Zaytun Sesat, MUI Bakal Keluarkan Fatwa Tentang Pernyataan Panji Gumilang

SUMEKS.CO - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH Cholil Nafis menegaskan, pihaknya sedang memproses beberapa hal kontroversi dari pernyataan Panji Gumilang menjadi sebuah fatwa. 

Alasan kuat untuk mengeluarkan fatwa tersebut, dikarenakan pernyataan pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun Indramayu ini telah membuat keresahan dan kegaduhan di kalangan masyarakat awam. 

"Kami sedang memproses beberapa hal untuk dinaikkan menjadi fatwa. Karena, kami menilai ada beberapa pernyataan Panji Gumilang yang meresahkan," ungkapnya dikutip dari tayangan Youtube tvOneNews, Rabu, 28 Juni 2023.

BACA JUGA:Serangan Balik MUI Telak! Justru Panji Gumilang Tukang Bohong, MUI Keluarkan Tantangan

Di dalam tayangan tersebut, KH Cholil Nafis menjelaskan, MUI akan mengeluarkan fatwa mengenai salat berjarak yang selama ini diterapkan di Ponpes Al-Zaytun Indramayu. 

"Penetapan fatwa ini tentunya kita berdasarkan dalil, bukan ujug-ujug mengeluarkan fatwa," tegasnya. 

Salah satu dalil yang digunakan MUI dalam merumuskan fatwa tentang salat berjarak yang diterapkan di Ponpes Al-Zaytun Indramayu adalah Hadits Riwayat Al-Bukhari Nomor 719.

"Aqiimuu shufufakum watarooshu, fa anniy arookum min waro dzuhri. Artinya, luruskan shaf kalian dan hendaknya kalian saling menempel, karena aku melihat kalian dari balik punggungku," paparnya.

BACA JUGA:Panji Gumilang Samakan MUI dengan LSM: Ngerti Tabayyun Aja Nggak

Kemudian, KH Cholil Nafis juga menjelaskan, bahwa pihaknya membantah mengeluarkan fatwa mengenai Ponpes Al-Zaytun sesat dan komunis. Karena, MUI baru mengeluarkan satu fatwa. 

"Siapa yang bilang ada fatwa Al-Zaytun sesat dan komunis, coba cari ada nggak fatwanya? Kami baru mengeluarkan satu fatwa mengenai khatib perempuan," jelasnya. 

Terhadap kurikulum di Ponpes Al-Zaytun Indramayu diduga menyimpang dan terafiliasi dengan komunis, menurut KH Cholil Nafis, selama ini hanya sebatas indikasi saja dan belum ada fatwa. 

"Kalau untuk kurikulum tidak ada yang menyimpang. Sekarang cari fatwa yang mengatakan Al-Zaytun sesat, Panji Gumilang komunis, cari nggak," perintahnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: