Kurangi Kesenjangan Gender, Pemkab OKI Komitmen Terapkan PUG

Kurangi Kesenjangan Gender, Pemkab OKI Komitmen Terapkan PUG

--

Kurangi Kesenjangan Gender, Pemkab OKI Komitmen Terapkan PUG

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten OKI mengadakan rapat koordinasi dan sinkronisasi penerapan pelaksanan Pengarusutamaan Gender (PUG) di Ruang Rapat Bende Seguguk (RRBS) I, Pemkab OKI, Rabu 21 Juni 2023.

Rapat ini bertujuan mengurangi kesenjangan gender dan juga mengoptimalkan penerimaan manfaat pembangunan yang adil bagi seluruh masyarakat baik perempuan dan laki-laki.

Sementara itu, Kepala Kepala Dinas Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten OKI Hj Arianti SSTP MM menyampaikan, dalam kegiatan rapat koordinasi dan sinkronisasi ini, penerapan pelaksanaan PUG adalah kewenangan Kabupaten. 

Selain itu juga dilaksanakannya kegiatan advokasi kebijakan dan pendampingan pelaksanaan PUG dan termasuk PPRG. 

BACA JUGA:Tak Ada Karpet, Sajadah Masjid Jadi Alas Jalan Pengantin di Aceh, Netizen: Astagfirullah, Berdosa Banget

"Perencanaan gender sendiri adalah proses dari perencanaan program-program dan proyek-proyek pembangunan yang sensitif gender, dimana mempertimbangkan impact dari peran gender termasuk juga kebutuhan gender dari laki-laki dan perempuan," terang Arianti.

Ditambahkan Arianti, untuk rangka percepatan Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) di  Kabupaten OKI telah dibentuk Focal Point di masing-masing OPD. 

"Percepatan ini melibatkan subbag bidang Perencanakan di OPD dan Kecamatan yang setiap tahunnya harus mengikuti kegiatan koordinasi dan sinkronisasi PUG seperti hari ini," jelasnya. 

Dia menegaskan, koordinasi dan sinkronisasi PUG bagi OPD dan Kecamatan ini merupakan wadah yang memfasilitasi penyusunan dan evaluasi program kegiatan berbasis gender yang dilaksanakan di masyarakat.

BACA JUGA:Bos Elektronik Sukses di Palembang Itu Mualaf di Masjid Ini, Disaksikan Gubernur dan MUI Pusat

"Dalam kegiatan ini OPD dan Kecamatan diharapkan melaksanakan kesepakatan pelaksanaaan PPRG dengan mengumpulkan data-data dan informasi terkait penganggaran yang responsif gender masing-masing," ujar Arianti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: