Kemendikbudristek Dan MIT Kolabarasi Membangun Ekosistem Inovasi

Kemendikbudristek Dan MIT Kolabarasi Membangun Ekosistem Inovasi

--

Kemendikbudristek Dan MIT Kolabarasi Membangun Ekosistem Inovasi 

JAKARTA, SUMEKS.CO - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama Paragon Corp dan Universitas Gadjah Mada (UGM) sedang berkolabarasi dalam rencana untuk membangun ekosistem inovasi dengan Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Kerja sama ini dengan pendekatan multiskaheholder approach atau lintas pemangku kepentingan," ungkap  Plt Dirjen Diktiristek, Nizam, dalam Innovation Ecosystem in Indonesia di Gedung Kemendikbudristek, Jakarta, Selasa 20 Juni 2023.

Ia menambahkan, bahwa akan ada banyak peran yang dapat dilakukan universitas, pemerintah dan swasta bersama-sama.

"Untuk saat ini kita harus  menghadirkan inovasi tak bisa lagi hanya oleh satu pihak. Seluruh pemangku kepentingan mesti berkolaborasi untuk menghadirkan inovasi,"ucap Nizam.

BACA JUGA:HEBAT! Anak Muda OKI Hattrick, Juara Umum JPD Sumatera Selatan

Biasanya kita bekerja sendiri-sendiri, tapi sekarang kita mencoba membangun ekosistem inovasi bersama-sama," katanya.

Program yang diberi nama MIT REAP ini dicanangkan berjalan selama dua tahun. Dalam dua tahun, pemangku kepentingan akan berkolaborasi membangun ekosistem inovasi di Indonesia.  

"Untuk mencapai Indonesia Maju, kita membutuhkan inovasi teknologi yang hanya dapat dicapai dengan pendekatan ekosistem. Dan untuk ini, kami berniat untuk belajar dari sumber yang terbaik yaitu MIT," ujar manajer program MIT REAP, Marina Kusumawardhani.

Diwaktu yang sama, CEO Paragon Corp Salman Subakat,  mengatakan pengalaman MIT tersebut harus dapat disesuaikan dengan konteks Indonesia

BACA JUGA:Universitas Bina Darma Palembang Siap Menuju Unggul 2025 dengan Tingkatkan Akreditasi Jurnal Ilmiah

Perlu diketahui berdasarkan pengalaman Paragon dalam membangun ekosistem di Indonesia, ada banyak sekali halangan yang harus diatasi, dan juga spesifiknya kasusnya di Indonesia

Lantas, framework seperti apa yang ditawarkan MIT untuk megatasi masalah-masalah tersebut yang menjadi tamu utama di acara ini, memaparkan hal-hal paling untuk membangun sebuah ekosistem inovasi di sebuah negara.

"Yang terutama adalah adanya kerjasama antara pemangku kepentingan di sebuah negara. Tetapi juga keterlibatan swasta yang kuat dalam menjadi perintis pembangunan ekosistem inovasi,"ungkap dosen MIT Sloan Shari Loessberg. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: