Jelang Hari Raya Idul Adha, Stok Hewan Kurban di Kabupaten Banyuasin Aman

Jelang Hari Raya Idul Adha, Stok Hewan Kurban di Kabupaten Banyuasin Aman

--

Jelang Hari Raya Idul Adha, Stok Hewan Kurban di Kabupaten Banyuasin Aman

BANYUASIN, SUMEKS.CO - Kebutuhan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha mendatang, menurut Kadis Perkebunan dan Peternakan Banyuasin Edil Fitriadi SP MSi aman.

"Kebutuhan hewan kurban baik itu sapi dan kambing aman," katanya. 

Dari pendataan yang sudah dilakukan Dinas Perkebunan dan Peternakan Banyuasin, jumlah stok hewan kurban sebanyak 1.105 ekor sapi dan 1.350 ekor kambing.

"Kami anggap aman, karena dari pembelian masyarakat masih di bawah itu biasanya," jelasnya. 

BACA JUGA:M Yanurpan Yany Resmi Jadi Plh Sekda Kota Palembang Selama Ratu Dewa Naik Haji

Sedangkan permintaan hewan kurban yang terdata di Dinas Perkebunan dan Peternakan Banyuasin, permintaan di tahun 2023 sebanyak 1.065 sapi dan 1.230 kambing.

Dinas Perkebunan dan Peternakan Banyuasin juga sudah mendata jumlah peternak baik sapi maupun kambing. Setidaknya, ada 19 peternak sapi dan 23 peternak kambing yang tersebar di Kabupaten Banyuasin.

"Kami juga terus memantau untuk penjualan hewan yang ada di Kabupaten Banyuasin. Ini untuk mengantisipasi pedagang hewan kurban nakal," tukasnya. 

Lebih lanjut Edil menambahkan untuk ciri ciri hewan kurban yang sehat yaitu mata merah, bulu mengkilap, hewan aktif (tidak lesu), feses tidak mencret, nafsu makan baik, kencing normal, tidak demam, hidung basa. 

BACA JUGA:Pusri Cerdas Akademi, Siap Cetak Generasi Enterpreneur

"Kita himbau kepada pedagang hewan kurban agar menjual hewan kurban baik yang sudah memenuhi persyaratan hewan kurban, Sehat dan sudah cukup umur," tegasnya.

Untuk pembeli agar membeli hewan kurban yang sehat, tidak cacat, berjenis kelamin laki laki dan cukup umur.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: