Update Hasil Usulan Muhammadiyah Soal Libur 28 Juni 2023

Update Hasil Usulan Muhammadiyah Soal Libur 28 Juni 2023

Warga Muhammadiyah Palembang saat gelar salah id tahun lalu --

Update Hasil Usulan Muhammadiyah Libur 28 Juni 2023?

SUMEKS.CO- Muhammadiyah telah resmi menetapkan Idul Adha 1444 H jatuh pada Rabu 28 Juni 2023 M. Makanya mengusulkan agar pemerintah tanggal tersebut sebagai hari libur nasional. 

Hal ini sesuai Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2023 Tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1444 H, 

Perhitungan dari Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah ini sangat potensial berbeda dengan Kementerian Agama RI karena tinggi hilal pada tanggal 29 Zulkaidah 1444 H kurang dari 3 derajat.

Lantaran diprediksi akan terjadi perbedaan, Muhammadiyah mengusulkan agar pada Rabu, 28 Juni 2023 juga menjadi hari libur nasional. Bukan tanggal 29 saja yang libur nasional.

Sedangkan pemerintah akan menentukan Idul Adha berdasarkan rukyatul hilal (melihat tanggal bulan) yang akan digelar serantak hari ini, 18 Juni 2023.

BACA JUGA:Tentukan Idul Adha Hari Ini Pantau 99 Titik Rukyatul Hilal, Palembang di Helipad Aryaduta

Dan kenyataan itu berpotensi Idul Adha akan jatuh pada 29 Juni 2023, jika hilal terhalang atau belum memenuhi syarat, menurut tim falakiyah Kemenag 

Namun bisa juga terjadi Idul Adha pada 28 Juni, kalau hilal terlihat. Berarti libur Idul Adha akan sama dengan penetapan Muhammadiyah yaitu pada 28 Juni 2023.

Mengapa tanggal 28 Juni Muhammadiyah diliburkan nasional? ''Hal ini agar warga Muhammadiyah yang  melaksanakan salat Id bisa tenang dan khusyuk,'' jelas Sekretaris Umum PP Muhammadiyah H Abdul Mu’tiAbdul Mu’ti.

Usulan tersebut, saat ini sudah sampai pada tahap pembahasan oleh empat menteri Kabinet Indonesia Maju.

Yaitu telah dibahas oleh Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menag Yaqut Cholil Qoumas, dan wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor.

Di tempat terpisah Menteri PANRB, Abdullah Anwar Anas dalam siaran pers membenarkan bahwa rapat bersama itu membahas libur Iduladha 1444 H.

BACA JUGA:Idul Adha NU- Muhammadiyah Beda, Ini Penjelasan Ahli BRIN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: