30 Menit Sebelum Makan Waktu Terbaik Minum Air Putih, Ada Waktu Yang Lain?

30 Menit Sebelum Makan Waktu Terbaik Minum Air Putih, Ada Waktu Yang Lain?

Minumlah pada waktu yang tepat agar terhindar dari dehidrasi--

30 Menit Sebelum Makan Waktu Terbaik Minum Air Putih, Ada Waktu Yang Lain?

SUMEKS.CO- Tubuh manusia terdiri dari 60 sampai 70 persen adalah cairan berupa air. Apabila tubuh mengalami kekurangan air maka akan terjadi dehidrasi.

Dehidrasi adalah ketika tubuh kita lebih banyak mengeluarkan air seperti melalui keringat, urine, beraktivitas di cuaca panas terik daripada asupan cairan kedalam tubuh. 

Untuk itu  tubuh kita membutuhkan cairan berupa air, karena tubuh kita membutuhkan dua liter air atau setara 8 gelas perhari.

Berdasarkan  Institut of Medicine Food and Nutrition Board menyatakan bahwa seorang laki-laki membutuhkan air 3,7 liter dan wanita 2,6 liter dalam satu hari.

Jadi dampak  yang terjadi bila kekurangan air dalam tubuh kita, maka kita  biasanya akan mengalami kehilangan konsentrasi,  depresi,  sakit kepala dan lainnya. 

BACA JUGA:8 Jadwal Minum Air Putih yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Menambah Kecantikan Loh 

Kapan waktu terbaik kita minum air putih. Apakah kondisi ketika kita haus baru minum  atau kapanpun. Inilah jadwal terbaik minum air putih dalam satu hari. 

1. Setelah bangun tidur 

Ketika kita tidur selama 6 sampai 7 jam kita kehilangan banyak asupan cairan dalam tubuh jadi untuk penggantinya setelah bangun tidur kita minum air putih sebanyak 1 atau 2 gelas. 

Selain itu bermanfaat juga untuk menghilangkan racun dalam tubuh dan memperlancar metabolisme.

2. 30 menit sebelum  dan sesudah makan

Sebelum makan sebaiknya kita minum air putih sebanyak 1 gelas karena dapat mengendalikan porsi makan serta membuat tubuh kita lebih cepat kenyang.

Untuk sesudah makan 30 menit kemudian baru kita dianjurkan untuk minum air putih satu gelas, Hal ini dapat membantu melancarkan pencernaan di dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: