Staf Ahli Bidang Penguatan RB Beri Pengarahan Jajaran Satker Kanwil Kemenkumham Sumsel

Staf Ahli Bidang Penguatan RB Beri Pengarahan Jajaran Satker Kanwil Kemenkumham Sumsel

--

Staf Ahli Bidang Penguatan RB Beri Pengarahan Jajaran Satker Kanwil Kemenkumham Sumsel

PALEMBANG, SUMEKS.CO – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Dr. Ilham Djaya, bersama jajarannya menerima kunjungan kerja Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi (RB), Asep Kurnia, Rabu 14 Juni 2023.

Kunjungan Staf Ahli Bidang Penguatan RB ke Sumsel kali ini untuk melaksanakan Koordinasi Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Penguatan Reformasi Birokrasi yang digelar di Aula Musi Kanwil Kemenkumham Sumsel.

Kegiatan ini diikuti secara hybrid oleh 29 satuan kerja di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya mengatakan bahwa pada Tahun 2023 ini sebanyak 11 satker di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel telah mengikuti evaluasi pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari kopusi (WBK) dan wilayah Birokrasi Bersih dan melayani (WBBM) yang dilakukan oleh Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Jenderal Kemenkumham.

BACA JUGA:Bew! Benarkah Ada Google Map Kemampuan Ultra, Bisa Lihat Bagian Pixel Paling Kecil? Netizen Malah Tak Percaya

“Setelah dievaluasi dan dirapatkan dalam panel TPI, ada 8 (delapan) satker yang akhirnya berhasil ditetapkan oleh Tim Penilai Nasional (TPN) KemenPAN-RB sebagai satker berpredikat menuju WBK dan WBBM,” ungkap Ilham. 

Delapan satker yang sedang berproses meraih predikat WBK/WBBM tersebut terdiri dari 4 satker menuju WBBM yaitu Kanwil Kemenkumham Sumsel, Lapas Kelas I Palembang, LPKA Klas I Palembang, dan Lapas Kelas IIB Muara Enim.

Sementara 4 satker menuju WBK yaitu Lapas Perempuan Kelas IIA Palembang, Lapas Kelas IIA Banyuasin, Lapas Kelas IIB Martapura, dan Lapas Kelas IIB Sekayu.

Pada kesempatan itu, Kakanwil Ilham Djaya menyampaikan capaian kinerja yang telah diraih Kanwil Kemenkumham Sumsel pada masing-masing divisi selama periode semester I tahun 2023, yang juga berkaitan dengan implementasi pembangunan ZI.

BACA JUGA:Mengandung Banyak Nutrisi, Ini Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan Tubuh

Staf Ahli Bidang Penguatan RB, Asep Kurnia, saat menyampaikan arahannya, mengatakan bahwa tujuan reformasi birokrasi adalah birokrasi yang bersih, efektif dan berdaya saing mendorong pembangunan nasional dan pelayanan publik

Asep Kurnia juga menyampaikan tantangan yang dihadapi Kemenkumham dalam bidang RB.

"Indeks RB Kemenkumham Tahun 2022 memperoleh nilai 79,55 dengan kategori BB, artinya mengalami penurunan dari Tahun 2021 sebesar 80,18 dengan kategori A," ungkap Asep. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: