Honda Pispot, Si Mungil Lawas yang Harganya Bikin Cemas

Honda Pispot, Si Mungil Lawas yang Harganya Bikin Cemas

Honda Pispot.--

Honda Pispot, Si Mungil Lawas yang Harganya Bikin Cemas

SUMEKS.CO - Bila harga pispot bisa diangka puluhan ribu saja. Harga pispot ini geleng-geleng kepala. Bagaimana tidak, harganya bisa tembus diangka Rp 25 juta ke atas. 

Namun, pispot yang dimaksud bukanlah pispot tempat buang air kecil, yang biasa digunakan pasien di rumah sakit. Melainkan sepeda motor bebek Honda Pispot. 

Sepeda motor varian Honda C Series ini merupakan salah satu produk Honda yang sudah jarang ditemui mengaspal. Keterbatasan jumlahnya membuat Honda Pispot dengan dua varian, yakni Pispot C 50 dan 70, menjadi selangit.

BACA JUGA:Dulu Dianggap Rongsok, Kini Harga Vespa Mungil Ini Seharga Avanza

"Saya beli rangkanya saja itu Rp 3 juta, tanpa surat menyurat ya. Kalau kondisi masih original, dipastikan harganya sudah diatas Rp 25 juta, itupun kalau ada yang mau jual," kata Komir, salah seorang pencinta Honda Pispot. 

Yang membuat Honda bebek dengan kubikasi mesin 50 dan 70 cc ini berbeda dengan C70 pada umumnya, dari tampilan bodi. Tangki Honda satu ini terpisah, dan berbentuk layaknya pispot tempat buang air pasien di rumah sakit. 

Lalu stang pispot lebih datar. Sedangkan C70 biasa lebih melengkung. Jok Honda Pispot terpisah atau double. Sehingga penampilanya sangat unik. 

Sekedar informasi, sejarah singkat awal mula Honda klasik tipe cub, berawal dari Honda C Series. Honda C Series meliputi, C100, 50, Super Cub, C50, C70, C90, C100EX, dan Passport.

BACA JUGA:WOW! Honda S90, Si Antik Harga Selangit

Ia terus dikeluarkan sejak tahun 1958, dengan jumlah produksi melebihi 60 juta pada tahun 2008. Menjadikan Honda Cub sebagai kendaraan bermotor paling banyak dikeluarkan dalam sejarah.

Ide motor baru 50 cc ini muncul pada tahun 1956, ketika Soichiro Honda dan Takeo Fujisawa mengunjungi Jerman. Keduanya menyaksikan popularitas moped dan sepeda motor ringan. Soichiro Honda berfokus pada aspek rekayasa serta merupakan pemimpin produksi. 

Sementara teman baiknya Fujisawa merupakan ahli dalam bidang keuangan dan bisnis, memimpin penjualan serta menghasilkan formula dan strategi untuk menguasai pasar dan seterusnya mengalahkan penantang Honda Motor. Fujisawa sudah lama memikirkan tentang strategi jangka panjang, dan tidak seperti perusahaan Jepang. 

Dia tidak ingin impunitas meningkatkan produksi dan kemudian menyebabkan booming ekonomi terbaru di Jepang. Motor kecil tetapi berprestasi tinggi merupakan dasar rencananya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: