4 Wali Qutub Sudah Wafat, Kiyai Ini Sebut Masih Hidup, Syekh Abdul Qadir Jaelani yang Bai'at Wali Songo

4 Wali Qutub Sudah Wafat, Kiyai Ini Sebut Masih Hidup, Syekh Abdul Qadir Jaelani yang Bai'at Wali Songo

KH Ahmad Basyir Kudus, Sang Mursyid Dalailul Khoirot Nusantara, menyebut bahwa empat Wali Qutub istimewa yang saat ini sudah wafat sepertinya masih hidup.--

4 Wali Qutub Sudah Wafat, Kiyai Ini Sebut Masih Hidup, Syekh Abdul Qadir Jaelani yang Bai'at Wali Songo

SUMEKS.CO - KH Ahmad Basyir Kudus, Sang Mursyid Dalailul Khoirot Nusantara, menyebut bahwa empat Wali Qutub istimewa yang saat ini sudah wafat seperti masih hidup.

"Yatasharoffuna katashorrufil hayat, artinya melakukan walaupun sudah wafat seperti masih hidup," ujar KH Ahmad Basyir Kudus dikutip SUMEKS.CO dari unggahan TikTok @dawuhmasyayikh.

Dalam kesempatan tersebut, KH Ahmad Basyir Kudus juga menambahkan bahwa sosok Wali Qutub istimewa yang masih hidup tersebut adalah Syekh Abdul Qadir Jaelani.

BACA JUGA:Karomah Syekh Muhammad Hariri, Wali Allah yang Bisa Hidup Tanpa Jantung

"Syekh Abdul Qadir Jaelani itu yang membai'at Wali Songo. Pemijahan bersama Nabi Khidir. Beliau itu sudah wafat seperti masih hidup," sebut KH Ahmad Basyir Kudus.

Adapun empat Wali Qutub istimewa yang dimaksud KH Ahmad Basyir Kudus adalah Syekh Abdul Qadir Jaelani, Syekh Ma'ruf Al-Karkhi, Imam Syazili, dan Imam Ukail. Keempatnya memiliki keistimewaan masing-masing.

Yang dimaksud Wali Qutub atau Wali Ghauts adalah seorang yang sangat dekat dengan Allah SWT dan mempunyai kedudukan yang sangat mulia. Wali Qutub ini juga mempunyai kelebihan dari manusia pada umumnya, mereka juga bisa menjawab rahasia hakikat ilahiyah.

Dikutip dari sumber lain, bahwa empat Wali Qutub penjaga alam semesta yakni Syekh Abdul Qadir Jaelani, Syekh Ahmad Ar-Rifa'i, Syekh Ahmad Al-Badawi, dan Syekh Abu Hasan As-Shazili

BACA JUGA:Syekh Abdul Qadir Jaelani Ingatkan Umat Manusia Supaya Hati-Hati dengan Ilmu, Karena Sering Meninggalkan Adab

1. Syekh Abdul Qadir Jaelani 

Beliau adalah seorang ulama fikih. Sosok Syekh Abdul Qadir Jaelani memiliki karomah yang sangat luar biasa. Syekh Abdul Qadir Jaelani disebut sebagai pemimpin dari seluruh wali yang ada. 

2. Syekh Ahmad Ar-Rifa'i 

Syekh Ahmad Ar-Rifa'i merupakan sosok ulama sufi berkebangsaan Irak. Pada abad ke-6 Hijriah atau 12 Masehi, Syekh Ahmad Ar-Rifa'i RA bisa mencium tangan Rasulullah SAW di dalam makamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: